Menyoal Legalitas 'Reseller' Layanan Internet Telkom

Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai munculnya aksi penjualan jasa internet ilegal disebabkan adanya peluang menjual kembali layanan dengan membuat disparitas harga sesuai daya beli di masyarakat.

Wike D. Herlinda

11 Apr 2022 - 21.30
A-
A+
Menyoal Legalitas 'Reseller' Layanan Internet Telkom

Telkom Indonesia. /telkom

Bisnis, JAKARTA — Penjualan layanan internet ilegal menjadi salah satu lingkaran setan yang sulit diputus di berbagai daerah di Indonesia. Celakanya, masyarakat masih saja tergiur iming-iming tarif murah dan membeli layanan fixed broadband tidak resmi dengan kualitas rendah.

Untuk diketahui, belum lama ini, polisi menangkap penjual internet ilegal di Pacitan, Jawa Timur karena diduga menjual jaringan internet atau Wifi ilegal milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. hingga meraup untung Rp15 juta per bulan.

Pada awalnya, pelaku berlangganan lebar pita (bandwidth) sebesar 90 Mbps dari Telkom seharga Rp1,3 juta per bulan. Oleh pelaku, jaringan itu kemudian ditawarkan kepada 96 orang lainnya tanpa izin Telkom. Bagi yang setuju, dikenakan biaya pemasangan awal Rp1,5 juta.

Para pelanggan yang berlangganan internet kepada pelaku selanjutnya diberi kuota internet sebesar 0,8 Mbps dan biaya langganan Rp165.000 per bulan. Kasus serupa sebelumnya pernah terjadi di daerah lain, seperti di Malang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menyoal Legalitas 'Reseller' Layanan Internet Telkom

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.