Menyoal Tumpukan Dana Perbankan di Surat Berharga

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung perbankan agar memacu kreditnya, alih-alih mempertebal portofolio di instrumen surat berharga. Sejumlah bankir pun angkat suara.

Fahmi Ahmad Burhan

3 Des 2023 - 15.38
A-
A+
Menyoal Tumpukan Dana Perbankan di Surat Berharga

Bisnis, JAKARTA — Langkah perbankan yang terlalu banyak menempatkan dananya di instrumen surat berharga negara (SBN) dan sertifikat Bank Indonesia (SBI) alih-alih menyalurkannya sebagai kredit mendapatkan kritik langsung dari Presiden Jokowi.

Presiden menilai dana perbankan akan lebih produktif jika lebih banyak disalurkan sebagai kredit kepada pelaku usaha, khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

"Saya ajak perbankan. Memang harus prudent, hati-hati. Tapi tolong lebih didorong lagi kreditnya, terutama bagi UMKM. Jangan semuanya ramai-ramai membeli ke BI atau SBN," ujarnya dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 pada Rabu (29/11/2023).

Jokowi mengatakan bahwa bank memang diperbolehkan untuk membeli SBN dan SBI sebagai portofolio serta menjaga likuiditasnya. Namun, bank lebih baik mendorong sektor riil dengan memacu penyaluran kreditnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menyoal Tumpukan Dana Perbankan di Surat Berharga

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.