Menyongsong Alih Kelola Blok CPP di Bumi Lancang Kuning

Setelah hampir 10 tahun dikelola bersama PT Pertamina (Persero) melalui skema Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako (BSP)—Pertamina Hulu, mulai 9 Agustus nanti akan dikelola sepenuhnya oleh BSP.

Ibeth Nurbaiti

19 Apr 2022 - 16.30
A-
A+
Menyongsong Alih Kelola Blok CPP di Bumi Lancang Kuning

Petugas PT Pertamina Gas sedang melakukan uji coba pipa gas distribusi ke Badan Operasional Bersama PT Bumi Siak Pusako. ANTARA/HO-Pertagas/am.

Bisnis, JAKARTA — Proses transisi pengelolaan sepenuhnya blok minyak dan gas bumi Coastal Plains and Pekanbaru atau CPP oleh BUMD Riau PT Bumi Siak Pusako (BSP), tinggal menghitung hari.

Setelah hampir 10 tahun dikelola bersama PT Pertamina (Persero) melalui skema Badan Operasi Bersama PT BSP—Pertamina Hulu, mulai 9 Agustus nanti akan dikelola sepenuhnya oleh BSP.

Blok CPP telah dieksplorasi dan dieksploitasi oleh Caltex (sekarang Chevron) sejak 1975 sampai 2001. Pada masa tersebut, Caltex telah melakukan eksplorasi di seluruh area Blok CPP dan menemukan lapangan-lapangan yang ada saat ini seperti Kasikan, Zamrud, Pedada, Beruk, dll, serta usaha Water Flood pada lapangan Zamrud, Beruk, Pedada dan Pusaka. Penemuan lapangan tersebut mampu meningkatkan produksi pada Blok CPP secara signifikan.

Kemudian, pada 6 Agustus 2002, Bumi Siak Pusako bersama Pertamina Hulu Energi menandatangani PSC dengan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas atau BP Migas (sekarang SKK Migas) untuk mengelola Blok CPP di Bumi Lancang Kuning itu hingga 8 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.