Menyulap Sampah Jadi Sumber Energi Bersih di Kota Minyak

UPTD TPAS Manggar sangat terbantu dengan adanya dukungan dari SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) yang membantu pengelolaan dan pemanfaatan sampah menjadi sumber energi baru, melalui program Waste energy for Community (Wasteco).

Ibeth Nurbaiti

6 Nov 2022 - 16.30
A-
A+
Menyulap Sampah Jadi Sumber Energi Bersih di Kota Minyak

Jaringan pipa gas metana di area TPAS Manggar di Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto: Istimewa-PT Pertamina Hulu Mahakam

“Jumlah sampah yang masuk ke TPAS [Tempat Pembuangan Akhir Sampah] Manggar mencapai 480 ton per hari, bahkan bisa lebih dari 500 ton per hari,” ujar Muhammad Haryanto, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Tempat Pembuangan Akhir Sampah (UPTD TPAS) Manggar, dikutip Minggu (6/11/2022).

Begitulah gambaran kondisi TPAS yang berada di Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Jika tidak dikelola dengan baik dan benar, entah berapa banyak nantinya gunungan sampah yang akan menimbulkan efek negatif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. 

Baca juga: Lampu Hijau, Program Biodiesel B40 Siap Melaju

Menurut Haryanto, TPAS Manggar sebenarnya sudah ada inisiasi pembuatan gas metana. Namun, karena kurangnya perawatan membuat pengolahan sampah menjadi gas metana menjadi terhambat, padahal jumlah sampah yang masuk makin bertambah setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.