Menyumpal Celah Sengketa Pajak

Pemerintah dihadapkan dengan tantangan berat untuk menutup celah sengketa pajak atau tax dispute, di tengah kenaikan target pajak pada 2024.

Nindya Aldila

27 Sep 2023 - 15.03
A-
A+
Menyumpal Celah Sengketa Pajak

Wajib pajak beraktivitas di salah satu kantor pelayanan pajak pratama, Jakarta, Rabu (11/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah dihadapkan dengan tantangan berat untuk menutup celah sengketa pajak atau tax dispute, di tengah kenaikan target pajak pada 2024.

Pemerhati pajak terus menyoroti soal peningkatan kualitas pajak, meski upaya memperbesar perolehan pajak yang penting untuk mengerek pendapatan negara.

Research Cluster of Tax and Public Finance FEB UI Siti Nuryanah mengatakan pada International Tax Policy Dialogue, Selasa (26/9/2023), bahwa Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan terus melakukan reformasi perpajakan, namun pada kenyataannya tren sengketa pajak masih tetap tinggi cenderung tak ada perubahan.

Dalam paparannya, jumlah berkas sengketa terbanding/tergugat DJP pada periode 2016-2022 mencapai 71.936 berkas. Sementara membandingkan dengan berkas bea cukai hanya sekitar 20.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menyumpal Celah Sengketa Pajak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.