Meraba Nasib & Prospek Saham Teknologi 2023 Era Suku Bunga Naik

Sudah jatuh tertimpa tangga menjadi peribahasa yang dapat menggambarkan situasi pasar saham sektor teknologi. Pergerakan saham teknologi sudah terpuruk akan semakin tertekan setelah adanya kenaikan suku bunga.

Asteria Desi Kartikasari

16 Des 2022 - 15.42
A-
A+
Meraba Nasib & Prospek Saham Teknologi 2023 Era Suku Bunga Naik

Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA— Sudah jatuh tertimpa tangga menjadi peribahasa yang dapat menggambarkan situasi pasar saham sektor teknologi. Pergerakan saham teknologi sudah terpuruk akan semakin tertekan setelah adanya kenaikan suku bunga. 

Sebelum fenomena ‘musim dingin’ perusahaan teknologi datang, saham perusahaan itu sempat menjadi primadona, bahkan sempat mengalami peningkatan cukup signifikan hingga ribuan persen. Tekanan semakin besar setelah beberapa perusahaan startup mengumumkan untuk melakukan efisiensi dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan. 

Meskipun tidak semua perusahaan startup memiliki nasib yang sama, sektor teknologi tetap saja bisa sangat fluktuatif dan terkadang dipengaruhi oleh sektor eksternal seperti perubahan teknologi dan tren pasar. Sehingga membutuhkan analisi dan pemahaman yang baik sebelum memutuskan untuk berinvestasi di saham teknologi. 

The Federal Reserve atau The Fed resmi menaikan tinggkat suku bunga utama bank sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,25 persen hingga 4,5 persen. IDX sektor teknologi menjadi salah satu indejs sektoral yang terkoreksi paling dalam. IDX sektor teknologi anjlok hingga 24,89 persen secara year-to-date (YtD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.