Meratus Percepat Bisnis ’Cold Chain’, Investasi Kapal Baru & ’Reefer Container’

MV Cilegon adalah salah satu kapal baru yang didatangkan. Aset tersebut dilengkapi dengan inovasi terkini dan dirancang khusus untuk mengefisienkan waktu bongkar muat selama singgah di pelabuhan.

Jaffry Prabu Prakoso

5 Feb 2024 - 22.40
A-
A+
Meratus Percepat Bisnis ’Cold Chain’, Investasi Kapal Baru & ’Reefer Container’

MV Cilegon adalah salah satu kapal baru yang didatangkan Meratus. Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis, SURABAYA – Meratus memperkuat bisnis cold chain sembari memperkenalkan Mfresh. Operator maritim dan logistik terintegrasi ini membeli aset kapal baru untuk meningkatkan efisiensi operasi pelayaran dan 220 peti kemas berpendingin atau reefer container

MFresh memiliki tujuan memberikan solusi terbaik untuk penyimpanan dan transportasi barang segar serta beku. Selain itu juga memperkuat posisi Meratus sebagai pemimpin dalam industri logistik terintegrasi.

CEO Meratus Farid Belbouab mengatakan bahwa investasi tersebut menunjukkan lompatan ke depan yang signifikan dalam komitmen perusahaan terhadap kemampuan untuk menangani bisnis cold chain

”Kapal baru, perluasan armada peti kemas reefer, dan pengenalan MFresh menggarisbawahi dedikasi kami dalam menyediakan solusi mutakhir dan menunjukkan kepemimpinan kami di sektor cold chain. Meratus memiliki posisi strategis untuk pertumbuhan dinamis dalam logistik cold chain,” katanya pada peluncuran kapal baru dan peti kemas berpendingin di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Senin (5/2/2024).

Baca juga: Aksi Jual Beli Kapal Perusahaan Tommy Suharto di Awal Tahun

MV Cilegon adalah salah satu kapal baru yang didatangkan. Aset tersebut dilengkapi dengan inovasi terkini dan dirancang khusus untuk mengefisienkan waktu bongkar muat selama singgah di pelabuhan.

Harapannya, meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu tunggu di pelabuhan. Dampak positif dari investasi aset ini juga berkontribusi terhadap efisiensi energi sejalan dengan tujuan keberlanjutan Meratus.

Selain itu, tingkat pemanfaatan reefer hingga saat ini mencapai 1,4x pada tahun 2023. Ini menunjukkan kontribusi terhadap hasil positif setiap tahunnya dan semakin memperkuat posisi Meratus dalam bisnis cold chain yang berkembang pesat. 


CEO Meratus Farid Belbouab. Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso


Pada tahun 2024, Meratus berencana memperluas jangkauannya dengan memperkenalkan 5 rute baru, melengkapi portofolio yang sudah ada yaitu 114 rute domestik. 

Di kancah internasional, Meratus secara strategis mengerahkan kapal-kapalnya untuk mencakup 86 rute, melayani jaringan yang beragam ke setidaknya delapan negara. Hingga saat ini, Meratus mengoperasikan total 107 kapal, 6 di antaranya adalah kapal baru yang diproduksi di Tiongkok.

Sebelumnya, Meratus juga melakukan akuisisi terminal baru melalui PT ICTSI Jasa Prima Tbk (IJP). Salah satu tujuannya adalah meningkatkan fundamental bisnis dan memberikan keuntungan strategis untuk pertumbuhan berkelanjutan dan keunggulan operasional.

Baca juga: KAI Logistik Catat Laba Rp100 Miliar, Ditopang Layanan Batu Bara

Farid menjelaskan bahwa dengan peningkatan kemampuan cold chain melalui investasi kapal dan peti kemas reefer, Meratus berada pada posisi yang tepat untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang dan potensial di Indonesia. 

”Dalam konteks ini, investasi strategis seperti peluncuran MFresh tidak hanya mendukung pertumbuhan perusahaan tetapi juga menjawab tingginya permintaan di pasar cold chain Indonesia yang dinamis,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.