Meraup Cuan Bisnis Ritel Pusat Belanja di Tengah Gempita Pemilu

Bisnis pusat perbelanjaan atau mal pada 2023 dinilai telah kembali pulih seperti saat sebelum pandemi Covid-19. Meskipun akan ada Pemilu di tahun 2024, namun diperkirakan sektor ritel mal tidak akan terimbas.

Redaksi

1 Feb 2024 - 18.15
A-
A+
Meraup Cuan Bisnis Ritel Pusat Belanja di Tengah Gempita Pemilu

Ilustrasi mal. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Bisnis ritel pusat perbelanjaan atau mal terus mengalami pemulihan pascapandemi Covid-19. Meskipun sudah terlepas dari bayang-bayang jeratan pandemi Covid-19, namun di tahun ini bisnis ritel mal perlu waspada karena perhelatan akbar pemilihan umum (Pemilu) 2024. 

Bisnis pusat perbelanjaan pada 2023 dinilai telah kembali pulih seperti saat sebelum pandemi Covid-19. Hal ini ditunjukkan oleh tingkat hunian yang mencapai angka 90,4% atau tumbuh 0,21 poin dibandingkan tahun 2022. 

Associate Director Research & Consultancy PT Leads Property Services Indonesia Martin Hutapea mengatakan meskipun akan ada Pemilu di tahun 2024, namun diperkirakan sektor ritel mal tidak akan begitu terimbas. Hal ini karena ritel lebih dipengaruhi oleh gaya hidup dan daya beli serta merupakan kebutuhan hidup manusia.

Menurutnya, mal konvensional akan tetap menjadi primadona bagi para retailer untuk ekspansi. Namun demikian, di tahun ini tingkat hunian atau okupansi mal akan tertetkan di angka 88% hingga 89% karena adanya pasokan tambahan. Adapun pasokan baru mal yang akan masuk di tahun ini seluas 161.725 meter persegi yang akan menekan tingkat hunian meski tidak signifikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.