Mercedes Benz EQB, SUV Kompak Serba Listrik 7 Kursi

Mercedes Benz telah memulai produksi seri EQB all-electric di pabrik Kecskemet, Hongaria. EQB, yang dipresentasikan pada April 2021, itu diproduksi di sana untuk pasar dunia.

Fatkhul Maskur
Nov 15, 2021 - 2:11 PM
A-
A+
Mercedes Benz EQB, SUV Kompak Serba Listrik 7 Kursi

EQB merupakan kendaraan kompak all-electric kedua dari Mercedes-EQ, setelah EQA. - Mercedes Benz

Bisnis, JAKARTA - Mercedes Benz telah memulai produksi seri EQB all-electric di pabrik Kecskemet, Hongaria. EQB, yang dipresentasikan pada April 2021, itu diproduksi di sana untuk pasar dunia.

EQB dikenal sebagai SUV listrik dengan hingga tujuh kursi. Panjangnya 4,68 meter, hanya 8 sentimeter lebih pendek dari EQC, namun 22 sentimeter lebih panjang dari EQA. EQB baru akan diluncurkan di Eropa dan China pada akhir 2021, diikuti dengan peluncuran pasar AS pada 2022. 

EQB baru menawarkan ruang untuk banyak konfigurasi keluarga dan berbagai kebutuhan transportasi. Ini memberikan posisi yang luar biasa di antara mobil listrik kompak. 

“Dengan EQB baru kami telah merancang SUV listrik ikonik yang menggabungkan bentuk persegi off-roader dan memproyeksikannya ke masa depan. Siluetnya yang signifikan dikombinasikan dengan elemen futuristik seperti panel depan hitam untuk menciptakan tampilan luar biasa dari mobil ini. kendaraan," kata Gorden Wagener, Chief Design Officer Daimler Group.

Dua kursi di baris ketiga dapat digunakan oleh orang dengan tinggi hingga 1,65 meter, di samping itu kursi anak dapat dipasang pula.

EQB merupakan kendaraan kompak all-electric kedua dari Mercedes-EQ, setelah EQA. Penggerak listrik yang bertenaga dan efisien, pemulihan yang cerdas, dan navigasi prediktif dengan Electric Intelligence hanyalah beberapa fitur yang menghubungkannya dengan EQA.

Inisiatif listrik dari Mercedes-Benz Cars berakselerasi secepat model Mercedes-EQ itu: dengan EQA, EQB, EQE saloon bisnis listrik dan EQS sedan mewah, total empat model baru dari Mercedes-EQ diperkenalkan pada 2021, ditambah Concept EQT sebagai pertanda kualitas tingkat tinggi di segmen van kecil. 

Keluarga hibrida plug-in Mercedes-Benz, yang saat ini terdiri dari lebih dari 20 varian model, diperbarui dengan turunan elektrifikasi dari C-Class dan S-Class. Untuk 2021, Mercedes-Benz Cars berharap dapat meningkatkan pangsa xEV, yaitu hibrida plug-in dan kendaraan listrik sepenuhnya, menjadi sekitar 13 persen.

Selain itu, hibrida ringan dengan generator starter dan sistem 48 volt menaklukkan berbagai produk, terutama kendaraan mewah Grup.

Di Eropa, SUV kompak serba listrik akan diluncurkan sebagai EQB 300 4MATIC (konsumsi listrik gabungan NEDC: 16,2 kWh / 100 km; emisi CO2 gabungan: 0 g/km) dengan 168 kW dan sebagai EQB 350 4MATIC dengan 215 kW (konsumsi listrik gabungan NEDC: 16,2 kWh/100 km; emisi CO2 gabungan: 0 g/km). Rentangnya, menurut WLTP, adalah 419 kilometer. 

Ruang yang Lega

EQB memperkaya keluarga mobil kompak Mercedes yang sukses dan terkait erat dengan dua model khususnya: EQA, yang berbagi teknologi penggerak canggihnya, dan SUV kompak GLB. Dari sinilah jarak sumbu roda yang panjang (2.829 mm), interior luas dan bervariasi, serta kursi baris ketiga opsional dengan dua kursi individu tambahan berasal.

Dimensi lima tempat duduk: 4684/1834/1667 milimeter (panjang / lebar / tinggi). Ruang yang lega. Ruang kepala di baris pertama kursi adalah 1.035 milimeter, di baris kedua adalah 979 milimeter untuk lima kursi. Pada 87 milimeter, ruang lutut di bagian belakang kursi lima mencapai tingkat yang nyaman. 

Bootnya rata dan luas: volume muat 495 hingga 1710 atau 465 hingga 1620 liter (angka untuk lima dan tujuh kursi masing-masing) memiliki kualitas station wagon kelas menengah. Sandaran kursi di baris kedua dapat disesuaikan dalam beberapa tahap sebagai standar, dan baris ini memiliki penyesuaian depan / belakang 140 milimeter sebagai opsi. Hal ini memungkinkan boot diperbesar hingga 190 liter dan digunakan secara serbaguna.

Sebagai pilihan, EQB memiliki kursi baris ketiga yang terdiri dari dua kursi individu tambahan. Kursi menawarkan orang hingga ketinggian 1,65 meter jumlah ruang yang nyaman. Fitur keselamatan yang ekstensif termasuk sandaran kepala yang dapat ditarik, sabuk pengaman dengan ketegangan sabuk dan pembatas kekuatan di semua kursi luar dan kantong jendela samping yang juga menutupi penumpang di baris ketiga. 

Sebanyak hingga empat kursi anak dapat dipasang di baris dua dan tiga, ditambah satu lagi di kursi penumpang depan. Untuk menambah ruang bagasi, kursi baris ketiga bisa diturunkan rata ke lantai beban.

Estetika Desain 

EQB menafsirkan Kemewahan Progresif Mercedes-EQ dengan cara yang edgy dan sangat berkarakter. Ini fitur gril panel hitam khas Mercedes-EQ dengan bintang tengah. Fitur desain khas lainnya dari dunia all-electric kendaraan Mercedes-EQ adalah strip lampu kontinu di bagian depan dan belakang. 

Strip serat optik horizontal menghubungkan lampu siang hari dari lampu depan full-LED, memastikan tingkat pengenalan yang tinggi baik di siang hari maupun di malam hari. Bagian dalam lampu depan diselesaikan dengan kualitas, detail, dan presisi tingkat tinggi. Sorotan warna biru di dalam headlamp memperkuat tampilan khas Mercedes-EQ.

Rumah kaca berorientasi fungsi dengan kaca depan tegak memungkinkan interior yang nyaman. Elemen kelongsong melingkar dan pelindung menyusun proporsi keseluruhan. Bahu kendaraan yang berotot dan bermodel sensual mendominasi tampilan samping, yang semakin ditingkatkan dengan naiknya garis sabuk. 

Roda yang diposisikan di luar memberi EQB karakter yang kuat dan sikap percaya diri di jalan. Eksklusifitas untuk model ini adalah velg alloy ringan dalam desain dua atau tiga warna, hingga ukuran 20 inci, dalam beberapa kasus dengan trim dekoratif berwarna emas rosé atau biru.

Lampu ekor LED menyatu dengan mulus ke strip lampu LED yang meruncing. Ini menggarisbawahi arti lebar horizontal EQB di tampilan belakang. Selain itu, pelat nomor ditempatkan di bemper, yang memungkinkan bak truk terpahat indah. Rel atap studded menggarisbawahi nilai utilitas yang tinggi dari EQB baru.

Bodi dashboard yang besar memiliki cut-out di area pengemudi dan penumpang. Pengemudi menghadap kokpit layar lebar, dengan kontrol dan tampilan melalui MBUX (Mercedes-Benz User Experience). Karakter interior yang kokoh digarisbawahi oleh elemen tubular dalam tampilan aluminium. Mereka duduk sebagai pegangan di pintu, di konsol tengah dan di panel instrumen di sisi penumpang.

Tergantung pada desain dan lini peralatan, potongan trim backlit yang spektakuler dan elemen dekoratif berwarna emas mawar pada ventilasi udara, kursi, dan kunci kendaraan memberikan petunjuk tentang karakter listrik di interior EQB. Instrumen, dengan tampilan khusus mobil listrik mereka, mengambil skema warna yang sama dengan highlight berwarna emas mawar dan biru.

EQB mencapai nilai CD yang sangat baik dari 0,28. Luas frontal Total 2,53 m2. Di antara langkah-langkah aerodinamis yang paling penting adalah sistem kontrol udara pendingin tertutup sepenuhnya di bagian atas, apron depan dan belakang yang efisien secara aerodinamis, bagian bawah bodi mobil yang sangat halus, hampir sepenuhnya tertutup, roda Aero yang dioptimalkan secara khusus dan spoiler roda depan dan belakang yang disesuaikan secara khusus.

Kenyamanan dan Navigasi 

ECO Assist menawarkan proses pemulihan yang dioptimalkan untuk situasi tertentu. Ini menggabungkan data navigasi, pengenalan rambu lalu lintas dan informasi dari sensor kendaraan ke dalam strategi efisiensinya. Mengemudi antisipatif menghemat daya, sehingga memperluas jangkauan.

Navigasi standar dengan Electric Intelligence juga berkontribusi pada penanganan EQB yang mudah dalam kehidupan sehari-hari. Ini menghitung rute tercepat ke tujuan yang diberikan. Atas dasar simulasi jangkauan terus-menerus, sistem memberikan kelonggaran untuk penghentian pengisian daya yang diperlukan serta berbagai faktor lainnya, seperti topografi dan cuaca. 

Ia juga mampu bereaksi secara dinamis terhadap perubahan, misalnya dalam situasi lalu lintas atau gaya mengemudi pribadi. Selain itu, navigasi dengan Electric Intelligence memastikan bahwa baterai bertegangan tinggi dibawa ke suhu pengisian optimal sebelum penghentian pengisian yang direncanakan, jika diperlukan.

Pengisian Daya Canggih

Di rumah atau di stasiun pengisian umum, EQB dapat diisi dengan nyaman hingga 11 kW dengan arus bolak-balik (AC) menggunakan pengisi daya terpasang. Waktu pengisian daya yang diperlukan untuk pengisian penuh tergantung pada infrastruktur yang tersedia dan peralatan kendaraan khusus negara. Pengisian di Mercedes-Benz Wallbox jauh lebih cepat daripada di soket listrik domestik.

Dan tentu saja lebih cepat di stasiun pengisian cepat arus searah (DC). Bergantung pada SoC (State of Charge) dan suhu baterai bertegangan tinggi, EQB mengisi daya di stasiun pengisian yang sesuai dengan daya maksimum hingga 100 kW.

Waktu pengisian daya lebih dari 30 menit dari 10-80 persen SoC. Dan hanya dalam 15 menit, listrik dapat diisi ulang hingga 150 kilometer (WLTP) [3]. Untuk pengisian AC dan DC, EQB dilengkapi sebagai standar di Eropa dan Amerika Serikat dengan konektor CCS (Combined Charging Systems) di panel samping kanan.

Melalui Mercedes me Charge, pengemudi EQB akan dapat menggunakan salah satu jaringan pengisian daya paling luas di dunia: jaringan ini saat ini terdiri dari lebih dari 600.000 stasiun pengisian daya AC dan DC di 31 negara.

Mercedes me Charge memungkinkan pelanggan Mercedes-EQ menggunakan stasiun pengisian daya dari berbagai penyedia dengan nyaman, sementara mereka juga mendapat manfaat dari fungsi pembayaran terintegrasi dengan proses penagihan yang sederhana. Dengan EQB, satu tahun Mercedes me Charge disertakan.

Di Eropa, Mercedes-Benz menjamin melalui sertifikat asal berkualitas tinggi bahwa listrik dari energi terbarukan dimasukkan ke jaringan untuk mengisi volume yang mengalir melalui Mercedes me Charge. Dengan Mercedes me Charge, pelanggan dapat mengisi daya di lebih dari 250.000 stasiun pengisian umum di seluruh Eropa, di mana Mercedes-Benz memastikan kompensasi berikutnya melalui listrik ramah lingkungan.

Dukungan Mengemudi 

EQB memiliki fitur sistem bantuan mengemudi cerdas dengan dukungan kooperatif untuk pengemudi. Active Lane Keeping Assist dan Active Brake Assist dipasang sebagai standar. Dalam banyak situasi kritis, yang terakhir memiliki kemampuan untuk mencegah tabrakan atau mengurangi keparahannya dengan pengereman otonom. 

Sistem ini juga mampu mengerem untuk kendaraan yang tidak bergerak dan pejalan kaki yang menyeberang pada kecepatan khas kota. 

Peningkatan fungsi Paket Bantuan Mengemudi termasuk, misalnya, fungsi manuver berbelok, fungsi koridor darurat, fungsi peringatan keluar yang memperingatkan pengemudi untuk mendekati pengendara sepeda atau kendaraan, dan peringatan ketika pejalan kaki terdeteksi di dekat zebra cross.

EQB juga merupakan Mercedes sejati dalam hal keselamatan pasif. Dibangun di atas struktur cangkang bodi GLB yang kokoh, bodi EQB disesuaikan dengan kebutuhan khusus mobil listrik. Baterai berada di dalam bingkai yang terbuat dari bagian yang diekstrusi. Ini mengambil fungsi struktural yang sampai sekarang dipertahankan oleh anggota lintas di bawah lantai. Pelindung baterai di area depan baterai mampu mencegah unit penyimpan energi tertusuk benda asing.

Tentu saja, EQB harus lulus program uji tabrakan ekstensif yang biasa dilakukan oleh merek tersebut. Persyaratan ketat untuk baterai dan semua komponen yang membawa arus listrik juga berlaku.

Jaringan Produksi Global

Produksi EQB dimulai pada Oktober 2021 di dua lokasi dalam jaringan produksi global Mercedes-Benz Cars: di pabrik Mercedes-Benz Hungaria di Kecskemét untuk pasar global dan di perusahaan patungan Jerman-China BBAC di Beijing untuk pasar lokal. 

Persiapan, termasuk proses kualifikasi staf dan pekerjaan rekonstruksi, telah dimulai di pabrik. SUV kompak EQB akan menjadi kendaraan produksi listrik pertama dari Hongaria dan akan melengkapi portofolio plug-in hybrid yang diproduksi di sana.

Sejak memulai produksi pada 2012, pabrik Mercedes-Benz Hungaria terus menjadi semakin penting dalam jaringan produksi global Mercedes-Benz Cars. Selain jaringan digital, kekuatan jaringan produksi mobil kompak termasuk pertukaran langsung dengan pabrik utama untuk mobil kompak di Rastatt, Baden-Württemberg.

Sistem baterai untuk model Mercedes EQ kompak yang saat ini diproduksi di Eropa dipasok oleh anak perusahaan Mercedes-Benz Accumotive di Kamenz dan oleh pabrik baterai di Jawor, Polandia. Kedua pabrik dirancang untuk beroperasi sebagai fasilitas CO₂-netral sejak awal.

 

Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar