Mercedes Benz Kawinkan Dua Solusi Konektivitas Mobilnya

Pengembangan strategis Mercedes me menjadi sistem terintegrasi untuk layanan terkait kendaraan untuk pelanggan pribadi dan komersial.

Fatkhul Maskur

17 Des 2021 - 13.14
A-
A+
Mercedes Benz Kawinkan Dua Solusi Konektivitas Mobilnya

Mercedes‑Benz menyediakan rangkaian produk yang selaras pada platform teknis yang seragam. Ini memenuhi permintaan pelanggan untuk solusi konektivitas holistik. - Foto Mercedes Benz

Bisnis, JAKARTA - Mercedes‑Benz merestrukturisasi rangkaian produknya untuk konektivitas komersial dan memperluas ekosistem digitalnya ke Mercedes me dengan memasukkan profil mobil penumpang dan van. Kini, Mercedes me ditawarkan untuk semua kendaraan Mercedes‑Benz.

Pelanggan yang telah menggunakan layanan Mercedes PRO akan menerima layanan terkait kendaraan dari Mercedes me, yang identik atau sebanding dengan rangkaian produk yang ada. Oleh karena itu, mereka juga akan mendapat manfaat dari perluasan jangkauan produk di masa depan untuk pelanggan bisnis dalam portofolio produk Mercedes me.

Dengan menggabungkan solusi konektivitas untuk pelanggan pribadi dan bisnis, Mercedes‑Benz menyediakan rangkaian produk yang selaras pada platform teknis yang seragam. Ini memenuhi permintaan pelanggan untuk solusi konektivitas holistik. Di masa depan, pelanggan akan dapat menggunakan dan mengelola mobil dan van mereka dalam satu sistem.

Tanja Wagner, Head of Commercial Connectivity Mercedes‑Benz, mengatakan bahwa sejumlah besar pelanggan menggunakan kendaraan Mercedes-Benz mereka baik untuk pribadi maupun untuk bisnis. 

"Itulah sebabnya kami sekarang memenuhi banyak permintaan pelanggan untuk solusi yang seragam dan jelas serta menggabungkan rangkaian produk konektivitas kami untuk Mercedes saya dan Mercedes PRO," ujarnya dalam siaran pers Mercedes Benz, Kamis(16/12/2021).

Selain profil pribadi, profil perusahaan kini juga dapat dibuat di Portal Mercedes me. Di aplikasi Mercedes me, pengguna kini dapat dengan mudah beralih antara kendaraan pribadi dan komersial mereka. Jumlah kendaraan dapat dipilih sesuka hati di profil perusahaan - persyaratan khusus pelanggan komersial.

Pelanggan bisnis mendapat manfaat dari layanan Mercedes me terkait kendaraan dan lebih banyak efisiensi, transparansi, dan kecerdasan. Layanan pemeliharaan dan pemantauan mengurangi beban kerja dan meningkatkan perencanaan operasi harian dengan kendaraan. 

Berbagai layanan jarak jauh dengan informasi waktu nyata memungkinkan untuk mengawasi kendaraan setiap saat. Navigasi cerdas dan kontrol suara mengubah kendaraan menjadi asisten yang membantu. 

Selain itu, diagnostik kendaraan cerdas Mercedes‑Benz Van Uptime akan ditambahkan sebagai layanan untuk pelanggan Sprinter ke portofolio Mercedes me untuk pelanggan komersial.

Dengan efek langsung, rangkaian produk baru tersedia di Jerman dan di 18 pasar UE lainnya serta AS, dengan lebih banyak lagi yang akan menyusul. Agar dapat memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan komersial dengan lebih baik di masa depan, rencana sedang dibuat untuk memperluas Mercedes me dengan fungsi komersial tambahan.

Dua Solusi Konektivitas 

Solusi konektivitas khusus untuk pelanggan armada kini tersedia melalui anak perusahaan Mercedes-Benz, Mercedes-Benz Connectivity Services. Mercedes-Benz bekerja sama dengan mitra untuk mengembangkan solusi yang juga dapat digunakan untuk armada dengan merek kendaraan yang berbeda atau dapat diintegrasikan ke dalam solusi industri yang ada.

Dalam portofolio armada komersial dan solusi datanya, Mercedes‑Benz Connectivity Services GmbH saat ini menawarkan dua antarmuka data kepada pelanggannya, yakni "hubungkan bisnis Anda" dan "hubungkan armada Anda".

Dengan menggunakan antarmuka "hubungkan armada Anda", pelanggan dapat mengintegrasikan data dari armada mereka ke dalam sistem manajemen armada yang ada, mengelolanya, dan mengevaluasi titik data sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri.

Penawaran fleksibel ini dirancang khusus untuk pelanggan komersial dengan lebih dari sepuluh kendaraan dalam armada mereka – seperti layanan kurir, ekspres dan parsel, perusahaan leasing, dan perusahaan persewaan mobil. 

Perusahaan dapat menggunakan data sesuai dengan kebutuhan masing-masing untuk mendapatkan transparansi yang diperlukan tentang kendaraan terkait. Akibatnya, proses dapat dioptimalkan dan biaya dapat dikurangi. 

Solusi ini dirancang untuk seluruh armada mobil penumpang dan van Mercedes‑Benz, termasuk hibrida plug-in dan kendaraan listrik, tentu saja.

Antarmuka 'hubungkan bisnis Anda' memungkinkan pelanggan memperkaya produk armada atau model bisnis mereka sendiri dengan data kendaraan Mercedes‑Benz. 

Dengan produk ini, Layanan Konektivitas Mercedes‑Benz menangani sejumlah besar kelompok pelanggan. Antara lain, penyedia telematika dapat mengaktifkan integrasi langsung data ke dalam produk mereka sendiri, seperti portal armada, perusahaan leasing memiliki kesempatan untuk memeriksa jarak tempuh yang disepakati dan menghitung kilometer tambahan, dan perusahaan asuransi dapat menganalisis data tentang perilaku mengemudi pelanggan mereka. 

Untuk menerima data Mercedes‑Benz dari kendaraan armada, para mitra tidak lagi harus memasang solusi retrofit, karena data tersebut dikirimkan melalui modul komunikasi yang terpasang di bekas tempat kerja. Selain itu, integrasi langsung memungkinkan peningkatan kualitas data dan variasi titik dan sinyal data yang lebih banyak.

Kedua antarmuka dipasarkan dengan merek "Mercedes‑Benz Data" dan saat ini terdiri dari berbagai paket data, termasuk jarak tempuh, status pengapian, data bahan bakar dan konsumsi, data pengisian daya, data posisi, dan data ban. 

Portofolio terus diperluas dengan fungsi lebih lanjut. Misalnya, fitur penguncian dan pembukaan kunci tanpa kunci yang segera tersedia untuk pintu kendaraan serta untuk aktivasi/penonaktifan immobilizer. Dengan demikian, terbuka peluang untuk layanan car-sharing yang komprehensif. Awalnya penawaran akan tersedia di Eropa dan Amerika Serikat.

"Dengan penawaran baru ini, kami bereaksi terhadap tuntutan pelanggan akan fleksibilitas yang lebih besar dan integrasi ke dalam ekosistem perangkat lunak di sekitar kendaraan komersial," kata Sten Rauch, CEO Mercedes-Benz Connectivity Services GmbH.

Pelanggan dapat memperoleh data dan sinyal sesuai dengan kebutuhan mereka dan secara individu pada tingkat kendaraan secara berurutan untuk mengoptimalkan proses bisnis mereka dan mengurangi biaya.

Mercedes‑Benz Connectivity

Mercedes-Benz Connectivity Services GmbH adalah penyedia konektivitas dan data dan dengan demikian menyediakan solusi produk berbasis data yang inovatif. Pelanggan komersial mendapatkan layanan khusus kendaraan dan terkait kendaraan selain data untuk optimalisasi armada atau untuk pembuatan produk dan model bisnis baru.

Pelanggan tidak hanya mencakup operator armada mobil dan van, tetapi juga penyedia layanan, perusahaan persewaan mobil, perusahaan leasing dan perusahaan asuransi serta server netral, pengembang aplikasi atau perangkat lunak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.