Mercedes Bez GLE 300, Modernisasi Mesin Bikin Daya Makin Optimal

Mercedes-Benz memodernisasi jajaran mesin dari seri model SUV besarnya: GLE 300 d 4MATIC dan GLE 300 d 4MATIC Coupe. Pengiriman daya lebih optimal tetapi konsumsinya jauh lebih irit daripada pendahulunya. 

Moh. Fatkhul Maskur

23 Okt 2021 - 10.27
A-
A+
Mercedes Bez GLE 300, Modernisasi Mesin Bikin Daya Makin Optimal

Mercedes-Benz GLE 300 d 4MATIC. - Foto Mercedes Benz

Bisnis, JAKARTA - Mercedes-Benz memodernisasi jajaran mesin dari seri model SUV besarnya: GLE 300 d 4MATIC dan GLE 300 d 4MATIC Coupe. Pengiriman daya lebih optimal tetapi konsumsinya jauh lebih irit daripada pendahulunya. 

GLE 300 d 4MATIC baru memiliki catatan konsumsi bahan bakar gabungan 6,3-5,8 l/100 km dan emisi CO2 gabungan 166‑152 g/km). Adapun GLE 300 d 4MATIC Coupé mengonsumsi bahan bakar gabungan 6,2-6,1 l/100 km dengan emisi CO2 gabungan 163-160 g/km).

Mereka dilengkapi dengan mesin diesel empat silinder saat ini (OM 654 M) dengan starter-generator (ISG) generasi kedua yang terintegrasi, dan menghasilkan 200 kW/272 hp. "Kedua mobil hibrida ringan ini sudah dapat dipesan dan akan tersedia mulai November," Mercedes-Benz dalam keterangan persnya, Jumat (22/10/2021). 

Di Eropa, GLE 300 d 4MATIC dipasarkan dengan harga mulai 75.053,30 euro atau sekitar Rp1,24 miliar. Adapun GLE 300 d 4MATIC Coupe dipasarkan seharga 79.182,60 euro atau sekitar Rp1,31 miliar.

Mesin OM 654 M saat ini dilengkapi dengan generator starter terintegrasi (ISG) generasi kedua. ISG mencakup sistem kelistrikan 48 volt. Ini memastikan fungsi seperti meluncur, meningkatkan atau memulihkan, dan memungkinkan penghematan bahan bakar yang signifikan.

Selain itu menghidupkan mesin dengan sangat cepat dan nyaman, sehingga fungsi start-stop hampir tidak terlihat. Hal yang sama berlaku untuk transisi dari meluncur dengan mesin mati ke tenaga penggerak yang kuat dengan tenaga mesin. Saat idle, interaksi cerdas antara ISG dan mesin pembakaran memastikan kelancaran yang luar biasa.

Mesin diesel empat silinder juga sangat canggih dalam hal aftertreatment gas buang. Konverter katalitik penyimpanan NOx menyimpan oksida nitrogen, terutama dalam kondisi start dingin, sehingga dapat dikurangi dalam catalytic converter SCR saat mesin panas. DPF (filter partikulat diesel) yang dilapisi khusus mengurangi emisi partikulat.

Dua catalytic converter SCR aktif (selective catalytic reduction) dengan injeksi AdBlue yang diukur secara terpisah memungkinkan pengurangan nitrogen oksida yang efektif di semua rentang operasi. Konverter ini dipasang di dekat mesin dan di lantai kendaraan.

AWD Ditingkatkan

Sebelumnya, model GLE dengan mesin empat silinder telah menampilkan kotak transfer yang mengarahkan torsi penggerak ke gandar dalam rasio tetap 50:50 persen. GLE 300 d 4MATIC dan GLE 300 d 4MATIC Coupé memiliki kotak transfer dengan kopling multi-pelat yang dikontrol secara elektronik. 

Hal ini memungkinkan transfer variabel torsi penggerak dari 0-100% (torsi sesuai permintaan) di antara gandar. Transfer case berjaringan lengkap dengan Torque on Demand juga memungkinkan peningkatan keselamatan dan kelincahan berkendara di jalan, terutama saat menikung. 

Hal ini dicapai dengan secara khusus mempengaruhi momentum yaw untuk menginduksi kendaraan oversteer atau understeer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.