Mercedes-Benz LP 1513, Truk Minyak dengan Banyak Pintu Kecil

Ini adalah LP 1513, yang ada di jalan sebagai truk minyak pada 1970-an. Truk memiliki tiga pintu di bagian depan, ditambah penutup tambahan di dalam kabin, dan di tempat lain juga. 

Fatkhul Maskur

19 Nov 2021 - 19.39
A-
A+
Mercedes-Benz LP 1513, Truk Minyak dengan Banyak Pintu Kecil

Mercedes Benz LP 1513. - Foto Mercedes Benz

Bisnis, JAKARTA - Close-Up, itulah nama seri Museum Mercedes-Benz. Setiap instalasi menceritakan kisah yang mengejutkan, menarik, mendalam, menampilkan detail kendaraan, pameran, atau elemen arsitektur dan desain. 

Sorotan kali ini adalah tanki minyak pemanas Mercedes-Benz LP 1513 dari 1974. Ini berasal dari generasi truk kabin kubik dan dijuluki "advent calendars".

Di Museum Mercedes-Benz, di manakah ada advent calendars? Tentu saja, di toko. Di musim pra-Natal, penggemar merek Mercedes Benz dapat memilih di antara empat model kit berbeda, yang bagian-bagiannya tersembunyi di balik 24 pintu.

Sebuah 300 SL Coupe(W 198) atau Mercedes-AMG GT Coupé (C 190), misalnya, akan muncul menjelang Natal. Tidak selalu harus cokelat.

Sebaliknya, yang agak mengejutkan adalah advent calendars yang dipajang sepanjang tahun di pameran permanen Museum di Collection Room 2: Gallery of Carriers.  Ini adalah LP 1513, yang ada di jalan sebagai truk minyak pada 1970-an. Truk memiliki tiga pintu di bagian depan, ditambah penutup tambahan di dalam kabin, dan di tempat lain juga. 

Desain ini adalah alasan mengapa seluruh keluarga truk "kubik cab-overs" mendapat julukan advent calendars. Tidak ada banyak pintu seperti pada kalender kedatangan nyata - dan, tentu saja, Anda juga tidak dapat mengharapkan cokelat atau model kit di belakangnya. 

Akan tetapi, apa yang ada di balik pintu?

Truk tanker minyak pemanas di Museum Mercedes-Benz, dibangun pada 1974, termasuk dalam seri kendaraan komersial tugas menengah dengan apa yang disebut kabin pengemudi kubik, diperkenalkan pada 1965. 

Generasi truk dengan logo bintang ini juga tersedia dalam versi tugas ringan (dari 1965 - sebagai produk pertama dari pabrik baru di Worth) dan dalam versi tugas berat pada awal 1963. 

Secara visual, ketiga kelas dapat dibedakan berdasarkan posisi lampu depan, untuk contoh: pada "advent calendars" tugas ringan mereka mengisi seluruh tinggi kisi radiator, pada truk tugas menengah mereka mengisi setengah bagian bawah, dan kendaraan komersial tugas berat memiliki lampu depan di bawah radiator.

Radiator, lampu depan, dan lainnya

Kisi-kisi radiator tangki minyak pemanas menyembunyikan tiga pintu paling menonjol dari "advent calendars" ini. Di tengah, penutup berengsel di bagian bawah terbuka, di belakangnya dapat dijangkau radiator dengan nosel pengisi untuk pendingin, antara lain. 

Di kiri dan kanan, pintu dengan engsel vertikal menyediakan akses, misalnya, ke lampu depan untuk mengganti bohlam dan penutup ventilasi ke bagian dalam kabin. Mesin dan leher pengisi untuk oli, di sisi lain, dapat dijangkau oleh pengemudi dari dalam kabin: ada lubang servis di terowongan transmisi di antara kursi.

Truk Pullman

Sesuai dengan tradisi Mercedes-Benz, varian yang berbeda memakai singkatan 'LP' di depan urutan numerik dari penunjukan model. 'L' adalah singkatan dari kata Jerman untuk truk dan 'P' (berasal dari Pullman) untuk cab-over. 

Kombinasi angka 1513 pada pameran di Museum Mercedes-Benz di Ruang Koleksi 2: Galeri Pullman dengan demikian mengacu pada peringkat berat kendaraan kotor 15 ton dan output mesin sekitar 130 hp. Tepatnya, mesin enam silinder segaris dengan perpindahan 5.675 cc menghasilkan 96 kW (131 hp).

Modernisme Klasik

Secara ergonomis dan estetis, kabin depan kubik dengan jelas menunjukkan jalan menuju zaman modern. Namun, desain teknis mereka juga sebagian mengikuti konsep klasik. Ini berlaku khususnya untuk fungsi kemiringan kabin, yang tidak ada di awal. Inilah alasan mengapa berbagai komponen utama dapat diakses melalui banyak flap.

Produksi kabin kubik Mercedes-Benz berakhir pada pertengahan 1980-an, dengan hanya model tugas ringan yang masih dibangun di akhir. Namun, prinsip tutup perawatan yang didistribusikan di atas kabin pengemudi telah lama tidak berguna karena bahkan "advent calendars" yang terlambat ditawarkan dengan kabin yang dapat dimiringkan. 

Dan dalam seri model berikutnya, seperti Generasi Baru (NG) yang diproduksi sejak 1973, kabin yang dapat dimiringkan adalah standar sejak awal. Mereka dapat dimiringkan ke depan secara hidraulik, memungkinkan akses mudah ke komponen teknis. 9.406 unit LP 1513 dibangun dari tahun 1967 hingga 1976.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.