Meredam Letupan Resesi Negara Mitra

Negara mitra dagang sekaligus investor utama Indonesia tengah menghadapi krisis baik perlambatan pertumbuhan ekonomi maupun resesi. Hal ini dapat berdampak terhadap perekonomian nasional, pemerintah perlu memutar otak mengantisipasi pengaruh tersebut.

Maria Elena

19 Feb 2024 - 18.29
A-
A+
Meredam Letupan Resesi Negara Mitra

Inggis mengalami resesi./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Indonesia perlu merespons dinamika ekonomi global yang kurang mendukung momentum akselerasi ekonomi menyusul dinyatakannya status resesi kepada dua negara mitra utama perdagangan dan investasi yakni Jepang dan Inggris.

Pada saat bersamaan, ekonomi China yang cukup dominan berkontribusi ekspor dan investasi diekspektasikan terus melambat dalam 4 tahun mendatang.

Ketiga negara tersebut merupakan penyumbang penanaman modal asing (FDI) tertinggi dalam 5 tahun terakhir sehingga lambatnya ekonomi di negara-negara tersebut akan memengaruhi aliran modal di Indonesia dan mengancam pencapaian target investasi yang pada tahun ini sebesar Rp1.650 triliun.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis target investasisenilai Rp1.650 triliun pada tahun ini akan tercapai. Kendati faktor yang diperhatikannya baru perkara Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.