Mereka yang Gembira dan Sengsara Akibat Kenaikan Levy Ekspor CPO

Kenaikan besaran pungutan ekspor bagi kode HS 15 yaitu CPO dan produk turunannya bagaikan pedang bermata ganda bagi industri sawit nasional. Lantas, siapa yang untung dan siapa yang buntung dari penerbitan PMK No. 23/2022 ini?

Wike D. Herlinda

18 Mar 2022 - 21.00
A-
A+
Mereka yang Gembira dan Sengsara Akibat Kenaikan Levy Ekspor CPO

Ilustrasi minyak kelapa sawit/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Jurus pemerintah menaikkan pungutan ekspor CPO dan produk turunannya bakal berimbas positif bagi industri hilir kelapa sawit, kendati sektor hulu justru harus menanggung sederet risiko negatif. 

Mulai hari ini, Jumat (18/3/2022), pemerintah menaikkan besaran pungutan ekspor (PE) atau levy terhadap sejumlah produk kode HS 15 seperti minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO), crude palm kernel oil (CPKO), crude palm olein, crude palm stearin, crude palm kernel olein, dan crude palm kernel stearin. 

Ketentuan tersebut diteken pada Kamis (17/3/2022) dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 23/2022 tentang Perubahan Ketigas Atas PMK No. 57/2021 tentang Tarif Layanan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit pada Kementerian Keuangan. 

(BACA JUGA: Sayonara DMO CPO! Sengkarut Kebijakan Migor Masuk Babak Dramatis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mereka yang Gembira dan Sengsara Akibat Kenaikan Levy Ekspor CPO

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.