Mereka yang Untung dan Buntung di Balik Konsolidasi TikTok-GOTO

Kolaborasi antara GoTo dan TikTok tidak saja akan terbatas di lini e-commerce, tetapi juga meluas pada sejumlah portofolio bisnis Grup GoTo lainnya, termasuk Bank Jago (ARTO), GoPay, dan Gojek. Di sisi lain, emiten e-commerce seperti BUKA dan BELI kian terancam.

Tim Redaksi

12 Des 2023 - 18.42
A-
A+
Mereka yang Untung dan Buntung di Balik Konsolidasi TikTok-GOTO

Pekerja melakukan perawatan videotron yang menampilkan iklan Tokopedia di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Langkah konsolidasi antara TikTok Pte. Ltd. dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) menjadi angin segar bagi emiten-emiten yang terafiliasi dengan Grup GoTo di Tanah Air, tetapi menjadi kabar buruk bagi emiten-emiten pesaingnya, khususnya di lini e-commerce.

Awal pekan ini, pasar diramaikan oleh kabar kesepakatan kerja sama strategis dan investasi antara TikTok dan GoTo di lini e-commerce.

TikTok akan menyuntikkan tambahan modal ke PT Tokopedia, anak usaha GOTO, senilai US$840 juta. Dari dana yang diterima Tokopedia tersebut, sebesar US$340 juta di antaranya akan digunakan oleh Tokopedia untuk membeli kontrak bisnis dan hak eksklusif untuk mengoperasikan TikTok Shop.

Dengan demikian, ada segar US$500 juta tersisa yang bakal masuk ke kantong Tokopedia. Di samping itu, sebagai bagian dari rencana investasi tersebut, Tokopedia juga akan menerima Promissory Note dari TikTok sebesar US$1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mereka yang Untung dan Buntung di Balik Konsolidasi TikTok-GOTO

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.