Merek-merek Mobil (Tak) Getol Mudik Lebaran

Lampu hijau untuk mudik Idulfitri tahun ini disambut dengan penuh suka cita oleh masyarakat. Sejumlah agen pemegang merek mobil sigap menyiapkan program untuk menangkap momentum ketika pengeluaran meningkat.

Fatkhul Maskur

24 Apr 2022 - 16.00
A-
A+
Merek-merek Mobil (Tak) Getol Mudik Lebaran

Bengkel resmi Toyota - Auto2000

Bisnis, JAKARTA - Lampu hijau untuk mudik Idulfitri tahun ini disambut dengan penuh suka cita oleh masyarakat. Sejumlah agen pemegang merek mobil sigap menyiapkan program untuk menangkap momentum ketika pengeluaran meningkat.

Lampu hijau mudik tahun ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (15/4/2022). Presiden mewanti-wanti, agar momentum mudik dan lebaran tahun ini tidak menjadikan kasus Covid-19 kembali melonjak.

"Diperkirakan ada 23 juta mobil pribadi, dan 17 juta sepeda motor yang akan melakukan perjalanan mudik di pulau Jawa saja," kata Presiden. Pada 2019, mobil pribadi untuk mudik Lebaran diperkirakan 10,61 juta unit.

Survei Kementerian Perhubungan menunjukkan bahwa masyarakat yang akan mudik Lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang. Jumlah ini bertambah dari dua hasil survei sebelumnya, masing-masing 79,4 orang pemudik dan 55 juta orang saat awal survei.

Seperti pada momentum sebelumnya, tradisi mudik merupakan pengungkit perekonomian, termasuk kebutuhan akan sarana transportasi yang meningkat. Tak hanya penjualan mobil yang meningkat, kebutuhan layanan aftersales seperti perawatan dan suku cadang juga meningkat.

Sederet agen pemegang merek, seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, Honda, hingga Hino Motors memanfaatkan momentum ini dengan menawarkan program promo agar pemilik mobil datang ke bengkel. 

“Dalam rangka menyambut Bulan Puasa, Toyota kembali mengadakan program servis berkala kendaraan bertajuk promo Jelang Lebaran. Program ini merupakan bagian dari promo Silaturahmi Lebaran 2022,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, Senin (4/4/2022).

Toyota merupakan pemimpin pasar, dan merupakan merek dengan populasi mobil terbanyak. Semakin banyak populasi mobil, potensi bisnis purnajualnya semakin besar. Menjaga loyalitas pelanggan juga menjadi tujuan program menjelang Lebaran.


TOYOTA 

Toyota menghadirkan Promo Jelang Lebaran, yakni promo servis berkala kendaraan untuk menyambut persiapan mudik. Program ini digelar sejak 4 April hingga 23 April 2022. 

Pelanggan akan mendapatkan diskon harga produk suku cadang Toyota hingga 10%, dan diskon biaya jasa servis hingga 25%. Promo Jelang Lebaran merupakan bagian dari rangkaian Silaturahmi Lebaran 2022.

"Program ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pelanggan untuk datang ke bengkel resmi Toyota dan memanfaatkan berbagai benefit,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, Senin (4/4/2022). 

Melalui kampanye ini, Toyota mengajak pelanggan untuk perawatan berkala atau perbaikan umum mobilnya sebelum digunakan bepergian di masa libur Lebaran sehingga perjalanannya berjalan dengan tenang dan aman.

Promo servis berkala Jelang Lebaran juga diharapkan menjadi edukasi bagi pelanggan untuk perawatan berkala sesuai rekomendasi Toyota, yaitu setiap 6 bulan atau ketika kendaraan sudah mencapai kelipatan 10,000 KM. 

Program ini melibatkan seluruh jaringan bengkel resmi Toyota dengan didukung teknisi andal. Promo Jelang Lebaran ini dapat pelanggan nikmati di seluruh jaringan bengkel resmi Toyota. 

Adapun produk suku cadang dengan fasilitas diskon harga di antaranya oli mesin, pembersih injektor, pembersih rem, pendingin radiator, ban, hingga perawatan aki. .

DAIHATSU

Daihatsu memiliki beberapa program menyambut libur Lebaran Idulfitri 1443 H, mulai dari Bagi-bagi THR, Mudik Sehat, hingga Ngabubu Race.

Daihatsu Bagi-bagi THR adalah program promo diskon biaya servis 25%, dan diskon harga sparepart, termasuk pelumas, hingga 10% di semua bengkel resmi Daihatsu hingga 23 April.

“Pada Ramadan ini, Daihatsu ingin berbagi keberkahan agar pelanggan bisa berlebaran sehat dan nyaman dengan kondisi mobil prima,” ujar Ratno Yunanto, Service Departement Head PT Astra International Tbk.– Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Kamis (14/4/2022).

Daihatsu juga punya Program Mudik Sehat. Pelanggan bisa mendapatkan alat tes Antigen secara gratis pada 28 April 2022 di 17 bengkel resmi Daihatsu di Jakarta dan sekitarnya. Selama periode mudik, Daihatsu juga menyiapkan 65 Bengkel Siaga untuk melayani pelanggan saat libur Lebaran. 

Tak hanya itu, Daihatsu berkolaborasi dengan Asuransi Astra, dan GT Radial membuat games Ramadhan Daihatsu Ngabubu-Race 2022 untuk Sahabat Klub. Gim ini berlangsung pada 24 April 2022.

“Kami berharap program ini dapat memberikan pengalaman seru menjelang berbuka puasa bagi peserta, dan meningkatkan tali silaturahmi antara Daihatsu dengan pelanggan”, ujar Ben Faqih, Head People Development Department – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

MITSUBISHI MOTORS

Memasuki periode libur dan hari raya Lebaran, Mitsubishi Motor kembali menyelenggarakan Lebaran Campaign pada 25 April–31 Mei 2022. 

"Kami berharap, konsumen dapat memanfaatkan layanan yang disediakan, seperti posko siaga 24 jam, diler-bengkel siaga, pengecekan kendaraan gratis, serta beragam promo servis menarik di posko dan bengkel resmi,” ungkap Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Division PT MMKSI, Sabtu (23/4/2022).

Selama periode 23 April – 8 Mei 2022, Mitsubishi Motors menggandeng dealernya untuk mengaktifkan Posko Siaga 24 Jam di 11 titik jalur mudik pantai utara Jawa. 

Di posko ini, pelanggan bisa beristirahat sejenak dan menikmati fasilitas yang telah disediakan. Selain itu, mereka yang melakukan servis kendaraan juga bisa mendapatkan promo spesial dan diskon suku cadang.

Selain di Posko, Mitsibishi Motors memberikan promo spesial dan diskon suku cadang bagi konsumen yang melakukan servis kendaraan di dealer resmi 3S Mitsubishi. Program ini berlangsung selama 25 April – 31 Mei 2022.

Sebagai tambahan, merek ini juga menyediakan program Kilau Lebaran di Mitsubishi Bodi & Cat. Ada tambahan gratis poles seluruh bodi kendaraan bagi konsumen yang melakukan perawatan pada 25 April–30 Juni 2022.

Selain itu, dealer resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi akan tetap buka pada masa libur Lebaran sesuai dengan jam kerja normal, pada periode 1 – 4 Mei 2022. Layanan ini berada di 40 diler di rute strategis mudik nasional. 

HONDA

Honda menyediakan berbagai program penjualan dan purnajual di IIMS 2022 bertajuk Ketupat lebaran untuk memudahkan konsumen dalam memiliki mobil Honda. 

Program Ketupat Lebaran meliputi DP ringan mulai dari 10%, bunga rendah mulai dari 0%, cicilan mulai Rp2 juta, tenor hingga 7 tahun, lucky dip hingga ratusan juta rupiah, hadiah menarik, dan bebas biaya perawatan berkala (jasa + parts s/d 50.000km atau 4 tahun).

HPM juga memberikan program penjualan kepada konsumen nasional yang bertajuk Kembali Silaturahmi selama April 2022, yang mana konsumen akan mendapatkan free biaya perawatan berkala (jasa + parts hingga 50.000 km atau 4 tahun) untuk pembelian Brio, Mobilio, City Hatchback dan CR-V. 

Tidak hanya itu sepanjang bulan April ini, konsumen yang melakukan SPK akan mendapatkan keuntungan seperti mendapatkan DP rendah mulai dari 10%, biaya angsuran rendah, bunga rendah, lucky dip jutaan rupiah, grand prize senilai jutaan rupiah, test drive berhadiah, hingga bebas biaya paket perawatan berkala.

SUZUKI

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menghadirkan program Bengkel Siaga di sepanjang jalur mudik dari Sumatra, Jawa, hingga Bali. Ada 40 bengkel mobil resmi dan 15 bengkel motor yang disiagakan, serta teknisi andal. 

 “Bengkel Siaga ini secara khusus kami siapkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan konsumen Suzuki saat mudik ke kampung halaman masing-masing,” kata Hariadi, Asstistant to Service Dept. Head PT SIS, Jumat(22/4/2022).

Bengkel Siaga Mobil 24 Jam beroperasi sejak 28 April hingga 7 mei 2022. Adapun Bengkel Siaga Motor beroperasi mulai 29 April sampai 6 mei 2022 dengan jam kerja normal (12 jam).

SIS juga mengaktifkan Suzuki Emergency Roadside Assistant (SERA) untuk membantu pemilik mobil yang mengalami kondisi darurat seperti mogok atau ban pecah. Disediakan towing dan service car. 

Bagi mobil dalam periode garansi atau di bawah 3 tahun bisa memperoleh layanan towing secara gratis. Bagi pemilik sepeda motor, Bengkel Siaga melayani pemeriksaan 21 item secara gratis dan diskon harga suku cadang.

“Melalui program ini, kami ingin menemani perjalan mudik dan balik konsumen agar lancar, aman, dan nyaman,” kata Hariadi. "Pastikan pemeriksaan di bengkel resmi untuk menjamin keaslian suku cadang."

HINO MOTORS

Hino menghadirkan layanan darurat pada akhir pekan dan hari raya untuk mendukung armada Hino yang mengalami masalah saat beroperasi di Sabtu atau Minggu dan libur hari raya.

Program ini melibatkan 13 jaringan Hino di jalur utama Jawa dan Sumatra mulai dari Surabaya, Kediri, Solo, Kendal, Tegal, Cirebon, Cikampek, Jakarta, Tangerang, Cilegon, Bandar Lampung, Ilir Barat Palembang, hingga Medan. 

Program ini didukung dua mekanik untuk setiap posko dan ketersedian suku cadang asli Hino. Untuk menjangkau lokasi tertentu, disediakan Hino service car.

Hino juga memberi penawaran menarik bagi pengusaha otobus (PO). Melalui part campaign special, Hino memberi diskon harga hingga 50% untuk 109 suku cadang. Paket lainnya adalah ganti oli mesin gratis filter, servis berkala kelipatan 60K, battery/aki, repair kopling diskon jasa 50%, pergantian grease wheel hub, Hino Connect telematics retrofit, strainer untuk umur filter lebih panjang, hingga common rail injector seharga Rp3jutaan. 

MEREK LAIN

Itulah sederet merek yang tampak getol memanfaatkan momentum mudik dan Lebaran 2022, setelah tradisi tersebut ditiadakan selama dua musim sebelumnya.

Seperti tahun sebelumnya, hampir semua merek kendaraan bermotor mobil berupaya menangkap peluang seiring dengan permintaan sarana angkutan mudik yang meningkat. Hal ini terlihat dari peningkatan signifikan pasokan produk ke dealer.

Berdasarkan data Gaikindo, terdapat sebanyak 33 merek yang tergabung dalam organisasi industri kendaraan bermotor mobil di Indonesia ini. Dari jumlah tersebut enam merek tidak aktif sepanjang tiga bulan pertama 2022.

Meski demikian, hampir seluruh merek tampak memompa pasokan produknya ke jaringan dealer mereka selama Januari-Maret 2022. Secara keseluruhan, wholesale sepanjang kuartal pertama tahun ini melejit 41,1% menjadi 263.822 unit.

Akan tetapi, di antara mereka, hanya beberapa merek yang membuat program khusus untuk menyambut momentum berlangsungnya tradisi terbesar masyarakat Indonesia itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.