Merentang Jaring Pajak PMSE Hingga ke e-Commerce Lokal

Di saat potensi penarikan PPN melalui pelaku usaha perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) masih lebar, pintu penarikan pajak melalui e-commerce lokal pun mulai dibuka. Tahun ini e-commerce atau lokapasar lokal direncanakan akan mulai ditunjuk sebagai pemungut pajak.

Saeno

22 Feb 2023 - 13.17
A-
A+
Merentang Jaring Pajak PMSE Hingga ke e-Commerce Lokal

Lokapasar atau e-commerce lokal mulai tahun ini akan ditunjuk menjadi penarik PPN dan PPh dalam transaksi mereka./Ilustrasi

Bisnis, JAKARTA – Intesifikasi dan ekstensifikasi penarikan pajak terus dijalankan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Di saat potensi penarikan PPN melalui pelaku usaha perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) masih lebar, pintu penarikan pajak melalui e-commerce lokal pun mulai dibuka. Tahun ini e-commerce atau lokapasar lokal direncanakan akan mulai ditunjuk sebagai pemungut pajak. Dengan begitu, transaksi melalui e-commerce lokal akan dikenai pajak.

Khusus penerimaan negara dari PPN PMSE, hingga akhir 2022  negara menerima Rp5,48 triliun setoran pajak pertambahan nilai dari perdagangan melalui sistem elektronik (PPN PMSE).

Saat ini, perdagangan elektronik menjadi salah satu platform yang dominan digunakan masyarakat. Setidaknya, hingga awal Januari 2023 terdapat 134 platform yang sudah ikut dalam pemungutan pajak PPN PMSE.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 60/PMK.03/2022, pelaku usaha yang telah ditunjuk sebagai pemungut wajib memungut PPN dengan tarif 11 persen atas produk digital luar negeri yang dijualnya di Indonesia.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Merentang Jaring Pajak PMSE Hingga ke e-Commerce Lokal

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.