Meski Klaim Asuransi Tinggi, Industri Tetap Likuid

Lonjakan klaim asuransi kesehatan menjadi salah satu perhatian industri asuransi lantaran mengalami tren kenaikan.Meskipun kontraksi pendapan total premi asuransi jiwa mulai melandai, dan menunjukkan sinyal pertumbuhan.

Rika Anggraeni & Wibi Pangestu Pratama

30 Nov 2023 - 19.32
A-
A+
Meski Klaim Asuransi Tinggi, Industri Tetap Likuid

Karyawati beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Jakarta./ Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Lonjakan klaim asuransi kesehatan menjadi salah satu perhatian industri asuransi lantaran mengalami tren kenaikan.Meskipun kontraksi pendapan total premi asuransi jiwa mulai melandai, dan menunjukkan sinyal pertumbuhan. 

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memperkirakan bahwa jumlah klaim pada 2023 akan mencapai Rp172,5 triliun. Jumlahnya berpotensi meningkat pada 2024 menjadi Rp176 triliun.  Dari jumlah klaim itu, lonjakan asuransi kesehatan menjadi perhatian, AAJI mencatatkan klaim asuransi kesehatan telah mencapai Rp15,24 triliun pada kuartal III/2023, naik 32,9% dari periode yang sama tahun lalu. 

Kendati begitu, Ketua Bidang Bidang Produk, Manajemen Risiko, dan GCG AAJI Fauzi Arfan menilai bahwa peningkatan klaim pada 2023 dan 2024 terhitung relatif stagnan jika dibandingkan periode 2020 hingga 2022 saat terjadi pandemi Covid-19. Untuk itu, dia menilai kondisi industri asuransi jiwa tetap dalam kondisi baik.

“Yang dominan dari klaim itu adalah surrender, di mana klaim surrender sebenarnya menunjukkan bahwa industri asuransi jiwa sangat likuid. Artinya, pemegang polis asuransi jiwa mudah untuk mencairkannnya, sehingga dominasi surrender masih cukup mendominasi,” ujar Fauzi seperti dikutip Kamis (30/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.