Metafora

Metafora kerap digunakan komunikator untuk menggalang dukungan dan menggiring pengaruh publik. Namun, dalam konteks leksikal yang tinggi, metafora juga digunakan sebagai simbol-simbol lingual tertentu untuk memperjuangkan hidup.

Surya Mahendra Saputra

6 Mar 2022 - 07.30
A-
A+
Metafora

Sejak lama, metafora telah digunakan oleh banyak tokoh di dunia sebagai alat wacana politik. Atribut metafora dalam konteks wacana sangat dipengaruhi oleh tujuan komunikasi yang hendak dicapai.

Adolf Hitler kerap menggunakan metafora untuk mendiseminasi kebencian terhadap etnis Yahudi. Dalam manifesto otobiografinya berjudul Mein Kampf, Sang Fuhrer mengibaratkan orang-orang Yahudi layaknya parasit yang hidup menumpang dan mengisap darah.

Tak hanya dituangkan dalam bentuk tulisan, metafora parasit dan laba-laba pengisap darah untuk bangsa Yahudi digunakan Hitler berulang kali dalam orasi politiknya. Termasuk kala dia pertama kali menyampaikan pidato setelah terpilih menjadi pemimpin absolut di Jerman pada 30 Januari 1933.

Pembentukan metafora yang dikenakan Hitler terhadap orang-orang Yahudi tak hanya didasari oleh tujuan komunikasi, tetapi juga dilatarbelakangi oleh perspektif yang terbangun sekian lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.