Mewaspadai Kepadatan Puncak Arus Balik Jelang Libur Lebaran Usai

Sebentar lagi, libur Lebaran usai. Hal ini tentunya menjadi kewaspadaan tersendiri lalu lintas arus balik mudik Lebaran. Pasalnya, berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebanyak 903.169 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada H+1 sampai dengan H+4 hari raya Idulfitri 1444 H/ Lebaran 2023.

Yanita Petriella

28 Apr 2023 - 23.24
A-
A+
Mewaspadai Kepadatan Puncak Arus Balik Jelang Libur Lebaran Usai

-

Bisnis, JAKARTA – Sebentar lagi, libur Lebaran usai. Hal ini tentunya menjadi kewaspadaan tersendiri lalu lintas arus balik mudik Lebaran. Pasalnya, berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebanyak 903.169 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada H+1 sampai dengan H+4 hari raya Idulfitri 1444 H/ Lebaran 2023 yang jatuh pada Senin (24/4) hingga Kamis (27/4). 

Jumlah kendaraan yang telah kembali ke Jabotabek tersebut mencapai 56,4 persen dari prediksi arus balik sebesar 1,6 juta kendaraan pada periode H+1 sampai dengan H+7 hari raya Idulfitri 1444 H. Dengan melihat realisasi hingga H+4 yang dibandingkan dengan prediksi arus balik pada periode H+1 sampai dengan H+7 tersebut, masih ada 43,6 persen atau sekitar 699.000 kendaraan yang belum kembali ke Jabotabek.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksikan puncak arus balik periode kedua akan terjadi pada 30 April hingga 1 Mei 2023. Masyarakat diimbau untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada waktu-waktu tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan masih banyaknya kendaraan yang belum kembali ke Jabotabek karena adanya perayaan Lebaran Kupat di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura pada Minggu (30/4/2023). Ditambah lagi, terdapat kecenderungan masyarakat akan melakukan perjalanan balik pada hari Minggu atau Senin depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mewaspadai Kepadatan Puncak Arus Balik Jelang Libur Lebaran Usai

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.