MG 4 EV, dari Jakarta ke Surabaya Cukup Sekali Tambah Daya

MG 4 EV berupaya mematahkan stigma yang mempertanyakan kemampuan mobil listrik menempuh jarak jauh dengan perjalanan Jakarta-Surabaya. Mobil listrik ini hanya perlu sekali tambah daya bila memulai perjalanan dengan baterai terisi penuh.

Fatkhul Maskur

5 Okt 2023 - 02.10
A-
A+
MG 4 EV, dari Jakarta ke Surabaya Cukup Sekali Tambah Daya

MG 4 EV menempuh perjalanan Jakarta ke Surabaya. - Foto MG

Bisnis, JAKARTA - MG 4 EV berupaya mematahkan stigma yang mempertanyakan kemampuan mobil listrik menempuh jarak jauh dengan perjalanan Jakarta-Surabaya. Mobil listrik ini hanya perlu sekali tambah daya bila memulai perjalanan dengan baterai terisi penuh.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, mengatakan edukasi terkait dampak dan manfaat kendaraan listrik (EV) perlu ditekankan untuk kemajuan EV, terutama dengan masih merebaknya stigma yang sebenarnya telah terjawab berkat inovasi terkini.

"Seperti stigma yang mempertanyakan kemampuan mobil listrik untuk dapat dikendarai dalam jarak jauh atau yang banyak dikenal dengan istilah range anxiety," kata Arief dalam siaran pers, Rabu (5/10/2023).

Untuk itu, MG baru-baru ini menantang awak media di Indonesia untuk menjajal kemampuan jarak jauh MG 4 EV dengan berkendara dari Jakarta ke Surabaya dalam even bertajuk MG Dare to Drive Electric.

Inisiatif ini bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan edukasi mengenai kemampuan dan inovasi MG 4 EV serta kesiapan infrastruktur EV di Indonesia. “Tujuan kami untuk menjawab kekhawatiran dan mengubah persepsi masyarakat mengenai kapabilitas EV untuk perjalanan jarak jauh." 

Menurut Arief MG 4 EV telah menunjukkan kesesuaiannya untuk segala jenis perjalanan, dengan dukungan infrastruktur SPKLU yang sudah tersebar luas di Indonesia.

Dimulai dari kawasan Pondok Indah, Jakarta, perjalanan ke Kota Pahlawan melintasi jarak sekitar 780 km. Dengan baterai kapasitas 51 kWh, MG 4 EV mampu menempuh jarak hingga 425 KM. 

Dengan sekali tambah daya, MG 4 EV pun mampu melibas sisa perjalanan. Bahkan, pengendara tak perlu khawatir menggunakan gaya mengemudi agresif.

Hal ini karena SPKLU telah ada di hampir semua rest area di Tol Trans-Jawa, dan beberapa di antaranya telah dilengkapi sarana ultra-fast charging 200 kW. 

Berdasarkan data PLN, SPKLU ultra-fast charging 200 kW telah ada di sejumlah rest area, seperti Rest Area 57A Jakarta Cikampek, KM 62 B Jakarta Cikampek, KM 130 A Cipali, KM 101 B Cipali, KM 228 A Kanci Pejagan, KM 229 B Kanci Pejagan, KM 88 A Cipularang, dan KM 88 B Cipularang.

Dengan fasilitas pengecasan super cepat tersebut, pengisian kembali daya MG 4 EV dari 10% hingga 80% hanya butuh waktu 35 menit. Tidak lebih lama dari waktu yang dibutuhkan bagi pengendara untuk rehat dan makan siang.

Hal lain menarik adalah efisiensinya. Rute panjang dari Jakarta ke Surabaya cukup dengan ongkos pengisian daya sekitar Rp200.000 saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.