Milestone JOB Simenggaris Ekspor Perdana LNG ke China

Keberhasilan Kayan LNG membangun kilang mini dan memproduksi LNG serta pengapalan LNG perdana merupakan perjalanan penting bagi JOB Simenggaris.

Ibeth Nurbaiti

9 Nov 2023 - 20.09
A-
A+
Milestone JOB Simenggaris Ekspor Perdana LNG ke China

PT Kayan LNG Nusantara dan JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) secara resmi melaksanakan upacara peluncuran ke laut pengapalan perdana ekspor gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) dari gas bumi wilayah kerja Simenggaris di pelabuhan Malundung, Tarakan. Istimewa-JOB Simenggaris

Bisnis, JAKARTA — PT Kayan LNG Nusantara dan JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) yang merupakan bagian dari Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina secara resmi melakukan ekspor perdana gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) ke Fujian, China.

Sail Away Ceremony atau upacara peluncuran ke laut pengapalan perdana ekspor LNG dari Wilayah Kerja (WK) Simenggaris di Dermaga Pelabuhan Malundung, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara yang dilakukan pada Selasa (7/11/2023) itu menjadi milestone yang sangat penting bagi perjalanan JOB Simenggaris di Bumi Paguntaka tersebut.

Selain itu, pengapalan perdana LNG tersebut juga merupakan salah satu bentuk kontribusi sektor minyak dan gas bumi sebagai sumber pendapatan negara.

Baca juga: Modal Besar RI Monetisasi Gas Alam Cair (LNG)

General   Manager JOB Simenggaris, Avep Disasmita mengungkapkan bahwa keberhasilan Kayan LNG membangun kilang mini dan memproduksi LNG serta pengapalan LNG perdana merupakan perjalanan penting bagi JOB Simenggaris.

Pengapalan perdana ekspor Kayan LNG tersebut akan dikirim menuju Provinsi Fujian, China dengan estimasi volume LNG yang diekspor sekitar 1.800 ton menggunakan 99 buah LNG iso-tank ukuran 40 feet.

“Dengan kesiapan kilang mini LNG ini, JOB Simenggaris dapat memulai operasi skala penuh pada fasilitas produksi gas yang telah dibangun sehingga dapat mengalirkan gas kepada para pembeli,” kata Avep dalam keterangannya, dikutip Kamis (9/11/2023).

Selain memberikan pendapatan bagi perusahaan dan tentunya pemerintah, dia menjelaskan bahwa ekspor perdana LNG ke Fujian, China diharapkan juga menciptakan multiplier effects bagi perkembangan dan kemajuan perekonomian di Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Nunukan serta Provinsi Kalimantan Utara pada umumnya.

Baca juga: Investasi Jumbo Blok Masela, Inpex & Pertamina Ajukan Revisi PoD

Avep menjelaskan bahwa gas yang disuplai oleh JOB Simenggaris kepada PT Kayan LNG Nusantara diperuntukkan bagi alokasi LNG domestik dan juga ekspor dengan total volume penjualan sebesar 22 juta standar kaki kubik (MMscfd). 

Adapun, seremoni pengapalan perdana LNG tersebut sebagai bentuk komitmen dan tindak lanjut terhadap Perjanjian Jual Beli Gas Bumi (PJBG) dengan volume 22 MMscfd gas yang telah ditandatangani pada 20 Mei 2020 lalu antara PT Pertamina Hulu Energi Simenggaris dan PT Medco E&P Simenggaris selaku penjual gas bumi dengan PT Kayan LNG Nusantara selaku pembeli gas dari WK Simenggaris yang dioperasikan JOB Simenggaris.

PJBG sebesar 22 MMscfd tersebut merupakan PJBG kedua di WK Simenggaris, setelah PJBG pertama dengan PLN UIW Kaltimra dengan volume 500.000 kaki kubik gas per hari untuk memasok kebutuhan kelistrikan PLN di Kabupaten Tana Tidung.

Selain itu, seremoni tersebut juga merupakan tindak lanjut dari Commissioning Ceremony Mini LNG Plant Kayan LNG yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 30 April 2023. Seremoni itu juga merupakan bentuk dan wujud sinergi antara JOB Simenggaris dan PT Kayan LNG Nusantara yang bukan hanya melakukan operasi bersama untuk pengaliran dan penyerapan gas sehari-hari tetapi juga merupakan sebuah kerja sama strategis yang sangat baik dan dapat menjadi pionir bagi perusahaan lainnya yang berinvestasi di Kalimantan Utara.

Baca juga: PLTS Terapung Cirata dan Tonggak Baru Akselerasi Energi Bersih

“Alhamdulillah, selaku pribadi dan sebagai gubernur saya sangat bangga dan mengapresiasi karena telah terlaksananya Sail Away Perdana LNG PT Kayan LNG Nusantara ini berlangsung,” kata Zainal A. Paliwang, Gubernur Kalimantan Utara di Tanjung Selor, seperti dikutip Antara, Kamis (9/11/2023).

Menurut dia, terlaksananya kegiatan pengapalan perdana ekspor LNG tersebut menjadi momen yang bersejarah bukan hanya bagi Kayan LNG Nusantara tetapi juga bagi Kaltara. “Ini merupakan momen bersejarah bagi kita semua. Pengapalan perdana [LNG] ini adalah bukti nyata bahwa Provinsi Kaltara memiliki potensi dalam bidang energi,” ujar Zainal.

Baca juga: Unjuk Gigi Gas Bumi, Potensi Surplus Kian Melebar

Sejalan dengan itu, keberhasilan JOB Simenggaris dan Kayan LNG Nusantara dalam mengembangkan skema mini LNG juga menunjukkan bagaimana komitmen Pertamina sebagai BUMN dan Medco Energi sebagai perusahaan migas dalam negeri untuk meningkatkan produksi migas tak pernah surut. 


Keduanya berusaha keras mengembangkan dan memproduksi gas dari bumi Indonesia bagi kepentingan bangsa dan negara, meskipun pengembangan lapangannya menantang dan terletak di remote area.

Sebagai gambaran, JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris merupakan badan kerja sama operasi antara PT Pertamina Hulu Energi Simenggaris dan PT Medco E&P Simenggaris untuk mengelola blok Simenggaris dalam jangka waktu selama 30 tahun yaitu hingga 2028 mendatang.

Di bawah naungan Regional Kalimantan Subholding Upstream pertamina, Wilayah Kerja Blok Simenggaris secara administratif mencakup dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Nunukan. Pada awalnya luas wilayah kerja Blok Simenggaris adalah 2.734 km2 dan saat ini mempunyai luas 546,03 setelah dilakukan relingushment atau penyisihan ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.