Mimpi Cetak Market Cap Rp15.000 Triliun

Bursa Efek Indonesia menargetkan dalam 5 tahun mendatang, market cap pasar modal melonjak 60 persen menjadi Rp15.000 triliun, transaksi harian rata-rata Rp25 triliun, jumlah investor 20 juta SID, dan dana kelolaan industri pengelola investasi mencapai Rp1.000 triliun.

Emanuel Berkah Caesario

31 Jan 2023 - 18.25
A-
A+
Mimpi Cetak Market Cap Rp15.000 Triliun

Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mematok target bagi nilai kapitalisasi pasar modal Indonesia pada 2027 dapat menembus Rp15.000 triliun, meningkat hampir 60 persen dari kondisi terkini market cap IHSG yang senilai Rp9.425 triliun.

Target ini terlihat cukup ambisius untuk jangka waktu yang relatif singkat, yakni dalam 5 tahun mendatang. Meski demikian, OJK optimistis target ini sangat mungkin untuk bisa tercapai. Kalangan sekuritas pun umumnya sepakat dengan OJK.

"Saya optimistis ini tercapai, dan target kami persentase terhadap PDB 70 persen. Saya rasa ini achievable jika didukung," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Inarno Djajadi, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Selain itu, dalam roadmap ini, OJK juga menargetkan jumlah perusahaan tercatat dapat mencapai 1.100 perusahaan, dengan rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) Rp25 triliun. Saat ini, jumlah perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia mencapai 810 emiten, dengan RNTH Rp10,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.