Mimpi Indonesia Punya Jalan yang Mulus Terganjal Anggaran

Jumlah jalan nasional yang mengalami kerusakan akan semakin banyak pada tahun depan. Hal tersebut disebabkan adanya backlog atau potensi kekurangan anggaran untuk perbaikan jalan. Tingkat kemantapan jalan nasional pada akhir 2021 mencapai 91,81 persen dari total panjang nasional.

Yanita Petriella

30 Jun 2022 - 18.46
A-
A+
Mimpi Indonesia Punya Jalan yang Mulus Terganjal Anggaran

Pengguna jalan melintas di samping batang pisang yang ditanam warga pasca terjadi kecelakan di jalur lintas nasional Banda Aceh-Medan, kawasan Blang Pulo, Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (20/5)./Antara-Rahmad

Bisnis, JAKARTA – Memiliki jalanan mulus memang suatu dambaan tersendiri. Selama ini persoalan jalan rusak terutama berada di jalan nasional menjadi sebuah lagu lama yang belum terselesaikan. Saat ini memang sering ditemui jalan rusak. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun tak menampik kondisi jalan nasional di Indonesia semakin banyak kerusakan. 

Keadaan tersebut ditenggarai kurangnya anggaran untuk kegiatan preservasi jalan. Direktur Jenderal Bina Marga PUPR Hedy Rahadian menjelaskan pada 2020–2021 terdapat penurunan kondisi jalan pada tingkat baik sepanjang 2.259 kilometer (Km). Kondisi itu melebar hingga 2022 menjadi sepanjang 2.928 km. Kementerian PUPR pun sulit mengejar target kemantapan jalan karena anggaran yang tidak terpenuhi setiap tahunnya. 

Pihaknya pun memprediksi jumlah jalan nasional yang mengalami kerusakan akan semakin banyak tahun depan. Hal tersebut disebabkan adanya backlog atau potensi kekurangan anggaran untuk perbaikan jalan.

“Jadi, mohon maaf kalau di Kalimantan Timur, calon IKN (Ibu Kota Negara), kemantapannya hanya 86% (pada akhir 2021). Itu memang PR kami karena memang constraint anggaran ini luar biasa di preservasi jalan,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, Rabu (29/6/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mimpi Indonesia Punya Jalan yang Mulus Terganjal Anggaran

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.