Mimpi Mengembalikan Kejayaan Tembakau Purbalingga

Tembakau Purbalingga telah kondang sejak masa penjajahan Belanda. Kualitasnya yang premium menjadikannya sebagai bahan pembungkus cerutu nomor wahid di Eropa. Kini, hanya sedikit petani yang masih membudidayakannya.

Fatkhul Maskur

9 Apr 2024 - 20.57
A-
A+
Mimpi Mengembalikan Kejayaan Tembakau Purbalingga

Kebun tembakau. - Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA-Tembakau Purbalingga telah kondang sejak masa penjajahan Belanda. Kualitasnya yang premium menjadikannya sebagai bahan pembungkus cerutu nomor wahid di Eropa. Kini, hanya sedikit petani yang masih membudidayakannya.

Melansir purbalinggakab.go.id, sejarah pertembakauan di Purbalingga dimulai sejak jaman kolonial Belanda saat era tanam paksa dan mulai meningkat pada tahun 1900-an.

Salah satu perusahaan tembakau Purbalingga adalah NV Tabak Export & Import Compagnie yang setelah kemerdekaan berubah menjadi Gading Mas Indonesia Tabacco (GMIT). Dengan ditutupnya GMIT merupakan salah satu tanda meredupnya pertembakauan di Purbalingga.

Saat ini perusahaan Industri Hasil Tembakau yang beroperasi di Purbalingga adalah PT Mitra Karya Tri Utama (Sampoerna) memproduksi rokok sigaret yang merupakan perusahaan mitra dari PT Sampoerna dan CV King Brewery memproduksi liquid vape yang saat ini di gandrungi oleh kalangan muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.