Free

Minat Beli ST009? Simak Perbedaan Sukuk Tabungan & Sukuk Ritel

Sebelum membeli instrumen ST009 yang akan mulai dipasarkan pemerintah pada Jumat (11/11) mendatang, pahami dulu perbedaan instrumen ini dengan jenis SBN ritel sukuk lainnya, yakni sukuk ritel.

Emanuel Berkah Caesario

3 Nov 2022 - 17.25
A-
A+
Minat Beli ST009? Simak Perbedaan Sukuk Tabungan & Sukuk Ritel

Ilustrasi sukuk. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA – Dalam waktu dekat, pemerintah akan segera menerbitkan surat berharga negara (SBN) ritel seri terakhir untuk tahun ini, yakni Sukuk Tabungan 009 (ST009). Instrumen jenis ST ini tidak sama dengan seri jenis sukuk ritel (SR).

Pemerintah menerbitkan dua kelompok seri SBN ritel, yakni seri konvensional dan seri syariah. Masing-masing kelompok seri pun terbagi atas dua jenis, yakni seri yang bersifat tabungan dan seri non-tabungan. Di kelompok syariah, ada ST yang bersifat tabungan, dan SR yang non-tabungan.

Sementara itu, di kelompok konvensional, ada obligasi neraga ritel (ORI) yang non-tabungan, serta saving bond retail (SBR) yang bersifat tabungan.

Baik seri-seri tabungan maupun non-tabungan sama-sama adalah surat utang. Bedanya, seri non-tabungan dapat diperjualbelikan di pasar sekunder (tradable), sedangkan yang tabungan harus dipertahankan sampai jatuh tempo (non-tradable). Kendati begitu, ada fasilitas early redemption bagi seri-seri tabungan.

Baca Juga: Momentum Cantik ST009, Simak Daya Tariknya!

Berdasarkan unggahan pada laman Instagram resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, masa penawaran ST009 akan mulai dibuka pada 11 November mendatang hingga 30 November 2022.


ST009 merupakan seri SBN ritel terakhir yang akan ditawarkan pemerintah pada tahun ini. Sejauh ini, pemerintah telah menawarkan sebanyak 6 seri SBN ritel. Pemerintah sudah menerbitkan dua seri jenis ORI, dua seri SR, satu seri SBR, dan satu seri spesial wakaf, yakni sukuk wakaf ritel (SWR).

Seri ST009 yang akan diterbitkan bulan ini menjadi satu-satunya seri ST tahun ini. Lantas, apa saja perbedaan sukuk tabungan dengan instrumen sukuk lain seperti sukuk ritel?

Secara umum, ada sejumlah perbedaan karakteristik antara sukuk tabungan dan sukuk ritel. Pertama, dari sisi tenor sukuk tabungan memiliki tenor yang lebih pendek dibandingkan dengan sukuk ritel

Pada umumnya, sukuk tabungan ditawarkan dengan tenor selama 2 tahun, sedangkan sukuk ritel memiliki tenor 3 tahun.

Baca Juga: Segera Terbit, Ini Karakteristik dan Keunggulan ST009

Dari sisi kupon, sukuk ritel memiliki kupon yang bersifat tetap atau fixed. Artinya, besaran kupon tersebut berlaku sejak diterbitkan hingga jatuh tempo. Kupon atau imbal hasil sukuk ritel akan sama meskipun terjadi perubahan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Sementara itu, kupon sukuk tabungan bersifat mengambang dengan batas minimal (floating with floor). Artinya, kupon sukuk tabungan berpotensi naik bila suku bungan acuan naik, tetapi tidak bisa turun dari batas minimal, meski suku bunga acuan turun.

Selanjutnya, sukuk ritel bisa diperdagangkan di pasar sekunder atau tradeable sebelum jatuh tempo. Sukuk ritel dapat diperjualbelikan apabila minimum holding period sebanyak tiga kali atau satu kali pembayaran kupon telah dipenuhi.

Berbanding terbalik dengan sukuk ritel, sukuk tabungan tidak bisa dijual sebelum jatuh tempo. Meski demikian, sukuk tabungan memiliki fasilitas early redemption. Fitur ini memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok instrumen ini oleh pemerintah sebelum jatuh tempo.

Seiring dengan sifatnya yang tradeable, maka investor memiliki potensi mendapatkan keuntungan dari selesih harga atau capital gain jika berinvestasi pada sukuk ritel. Di sisi lain, sukuk tabungan tidak memiliki potensi capital gain karena non-tradeable.

(Reporter: Lorenzo A. Mahardhika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.