Minat Investor SR06 Tak Surut Meski Diadang Sentimen Negatif

Instrumen sukuk ritel SR016 berhasil terjual Rp17,8 triliun sehari jelang penutupan pasar penawarannya. Nilai yang cukup tinggi ini menunjukkan minat investor untuk berinvestasi pada SBN ritel yang dapat ditransaksikan di pasar sekunder masih tinggi, kendati ada bayang-bayang tekanan di pasar.

Emanuel Berkah Caesario

16 Mar 2022 - 19.50
A-
A+
Minat Investor SR06 Tak Surut Meski Diadang Sentimen Negatif

<iframe src='https://flo.uri.sh/visualisation/8997450/embed' title='Interactive or visual content' class='flourish-embed-iframe' frameborder='0' scrolling='no' style='width:100%;height:600px;' sandbox='allow-same-origin allow-forms allow-scripts allow-downloads allow-popups allow-popups-to-escape-sandbox allow-top-navigation-by-user-activation'></iframe>

Bisnis, JAKARTA — Tingginya sentimen negatif eksternal tidak begitu mempengaruhi minat investasi investor ritel terhadap instrumen surat berharga negara (SBN) ritel seri sukuk ritel (SR) SR016. Meskipun demikian, gairah investasi investor atas instrumen ini tidak lagi setinggi seri sebelumnya.

Masa penawaran instrumen SR016 akan segera berakhir esok, Kamis (17/3) pukul 10.00 WIB. Hingga sore ini, Rabu (16/3) pukul 18.45 WIB, total pemesanan instrumen ini sudah mencapai Rp17,8 triliun, tinggal Rp2,2 triliun lagi menuju targetnya Rp20 triliun.

Instrumen ini sudah dipasarkan sejak 25 Februari 2022 lalu dengan tingkat kupon sebesar 4,95 persen per tahun. Kupon ini bersifat tetap, tetapi instrumennya bersifat tradable atau dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Ini berbeda dibandingkan dengan instrumen SBN ritel berbasis tabungan, seperti saving bond retail (SBR) atau sukuk tabungan (ST) yang kuponnya bersifat mengambang dengan batas bawah, tetapi tidak dapat ditransaksikan di pasar sekunder (nontradable).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.