Misi Antariksa Crew-8 NASA dan SpaceX Segera Meluncur

NASA menyelesaikan tinjauan kesiapan penerbangan untuk misi Crew-8 ke ISS dan mengumumkan bahwa lembaga tersebut telah menyetujui rencana peluncuran.

Redaksi

29 Feb 2024 - 14.32
A-
A+
Misi Antariksa Crew-8 NASA dan SpaceX Segera Meluncur

SpaceX dan NASA baru-baru ini melakukan pengujian kualifikasi skala penuh terhadap sistem docking yang akan menghubungkan Starship Human Landing System (HLS) SpaceX dengan Orion dan kemudian Gateway di orbit bulan selama misi Artemis berawak di masa depan. /NASA

Bisnis, JAKARTA — NASA dan SpaceX akan melanjutkan misi Crew-8 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) akhir pekan ini, Jumat (2/3/2024), sebagai bagian dari jadwal misi yang padat ke stasiun tersebut tahun ini.

Pada 25 Februari, NASA menyelesaikan tinjauan kesiapan penerbangan untuk misi Crew-8 ke ISS dan mengumumkan bahwa lembaga tersebut telah menyetujui rencana peluncuran. 

Peluncuran dijadwalkan pada pukul 12:04 a.m. EST pada 1 Maret dari Kennedy Space Center, memungkinkan wahana antariksa Crew Dragon mendarat di stasiun sekitar pukul 7 a.m. EST pada 2 Maret.

Crew-8 merupakan misi rotasi awak terbaru ke stasiun yang akan membawa astronot NASA Matthew Dominick, Michael Barratt, dan Jeanette Epps, serta Roscosmos Alexander Grebenkin, untuk tinggal selama enam bulan di ISS. 

Baca juga: Fakta-Fakta Satelit Merah Putih 2 yang Berhasil Mengorbit dari AS

Penerbangan ini akan menjadi yang pertama bagi semua awak kecuali Barratt, yang akan melakukan penerbangan ketiganya dan kedua kalinya di ISS.

Melansir bisnis.com yang mengutip Space Scout, Rabu (28/2/2024), dalam konferensi pers setelah tinjauan kesiapan penerbangan, NASA dan SpaceX mengatakan bahwa mereka masih menangani beberapa masalah teknis kecil dengan wahana antariksa Crew Dragon dan roket Falcon 9. 

Masalah tersebut meliputi memastikan panel komposit pada wahana tersebut terpasang dengan benar dan mempelajari perubahan warna cat, kata manajer program kru komersial NASA, Steve Stich.

 Roket bersiap meluncur ke ruang angkasa. /SpaceX

 

Namun, Stich menyatakan bahwa masalah-masalah tersebut tidak tampaknya menjadi masalah besar. Satu masalah sebelumnya yang tampaknya sudah teratasi adalah tali pada parasut utama yang disebut "modulator energi" yang dimaksudkan untuk mengatur beban pada parasut saat mereka ditarik dari kapsul. 

Masalah tersebut sudah terjadi pada misi Dragon kargo sebelumnya, CRS-29 yang kembali pada bulan Desember, namun tidak terjadi pada misi Crew Dragon terbaru, yaitu misi Ax-3 yang mendarat pada 9 Februari.

Baca juga: NASA dan SpaceX Siap Luncurkan Misi Antariksa Crew-8 Pekan Ini

Penerbangan ini akan menjadi yang kelima bagi wahana Crew Dragon bernama Endeavour, yang sebelumnya terbang dalam misi berawak pertama SpaceX, Demo-2, pada tahun 2020. 

Saat ini, NASA telah mengesahkan Crew Dragon untuk lima penerbangan, tetapi bekerja sama dengan SpaceX untuk memperpanjang sertifikasi tersebut hingga 15 penerbangan.

SpaceX juga sedang menyelesaikan wahana antariksa Crew Dragon kelima. Wakil presiden bidang pembangunan dan keandalan penerbangan SpaceX, Bill Gerstenmaier mengatakan bahwa wahana antariksa tersebut akan siap pada musim gugur ini, dengan rencana awal untuk terbang pada misi Crew-10 pada tahun 2025. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.