Misi Mengerek Pamor Sukuk Lewat Pembangunan IKN

Sukuk negara belum bisa mengimbangi pamor SUN yang mendominasi surat berharga negara. Apa bisa pamor sukuk naik lewat misi pembangunan IKN?

Duwi Setiya Ariyanti

6 Feb 2022 - 19.30
A-
A+
Misi Mengerek Pamor Sukuk Lewat Pembangunan IKN

Sukuk negara belum bisa mengimbangi pamor SUN yang mendominasi surat berharga negara. (Istimewa)

Bisnis, JAKARTA— Dari total surat berharga negara (SBN) beredar, baru 17,09 persen di antaranya yang berupa sukuk. Apakah proyek pembangunan IKN bisa mendorong pamor sukuk?

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, hingga 3 Februari 2022, total surat berharga negara (SBN) yang beredar mencapai Rp4.672,07 triliun dan baru 17,09 persen di antaranya atau Rp798,31 triliun yang diterbitkan berupa sukuk. Porsi tersebut mendekati total kepemilikan surat utang negara (SUN) oleh investor asing. 

Tingginya kebutuhan dana akhirnya mendorong pemerintah untuk melakukan diversifikasi untuk mendanai proyek, termasuk proyek besar pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Tak ada yang salah dengan pilihan pemerintah. 

Proyek yang menarik perhatian publik karena sumber pendanaannya itu diharapkan mampu menjadi magnet bagi investor sukuk. Kepala Riset Pendapatan Tetap Mandiri Sekuritas Handy Yunianto mengatakan sukuk emang kerap menjadi pendanaan proyek infrastruktur. Dengan demikian, penggunaan sukuk bagi proyek infrastruktur pemerintah bukanlah hal baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Misi Mengerek Pamor Sukuk Lewat Pembangunan IKN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.