Misi Pertamina di Balik Kucuran US$7 Juta di Sirkuit Mandalika

Keputusan Pertamina untuk menjadi sponsor utama dalam sejumlah gelaran balap yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai salah satu upaya promosi citra produknya.

Muhammad Ridwan & Ibeth Nurbaiti

9 Nov 2021 - 12.55
A-
A+
Misi Pertamina di Balik Kucuran US$7 Juta di Sirkuit Mandalika

Gambaran umum Tikungan 10 Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (8/11/2021)./ANTARA-Aditya E.S. Wicaksono

Bisnis, JAKARTA — Guna memperkuat strategi PT Pertamina (Persero) untuk menjadi perusahaan kelas dunia, perusahaan migas pelat merah rela merogoh kocek US$7 juta atau sekitar Rp100 miliar untuk mendapatkan hak penamaan di Sirkuit Mandalika.

Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari menjelaskan keputusan untuk menjadi sponsor utama dalam sejumlah gelaran balap yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai salah satu upaya promosi citra produknya.

"Selain sebagai bagian dari upaya go global, olahraga balap erat kaitannya dengan produk BBM seperti Pertamax Turbo dan pelumas Pertamina Enduro sehingga dapat mudah membentuk image positif audiens MotoGP dan international motorsports events lainnya dengan brand Pertamina," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resminya, Senin (8/11/2021).

Heppy menambakan, dukungan dalam Pertamina Mandalika Street Circuit dan MotoGP di Indonesia diharapkan dapat membawa angin segar untuk meningkatkan potensi pariwisata, serta merupakan realisasi atas komitmen Pertamina, maupun BUMN untuk membawa ajang balap internasional ke Indonesia.

Menurut dia, hal tersebut diharapkan mampu membuka peluang dalam pengembangan bisnis pada skala global untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional pada masa mendatang.

“Diharapkan Pertamina Mandalika International Street Circuit dan MotoGP dapat memberikan multiplier effect bagi pemulihan ekonomi daerah dan nasional, sekaligus menjadi peluang penetrasi pasar global yang luas bagi perusahaan, produk-produk BUMN maupun UMKM," jelasnya.

Sejumlah pekerja memasang bangunan "modular pit building" Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (14/10/2021). Pemerintah telah memutuskan jumlah penonton untuk event  World Superbike Mandalika 19-21 November 2021 mendatang berjumlah 25 ribu orang dan telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap sebanyak dua kali. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Dikutip dari Antara, PT Pengembang Pariwisata Indonesia (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association mengebut pengerjaan fasilitas pendukung Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk ajang balap World Superbike yang akan digelar dalam dua pekan ke depan yaitu pada 19—21 November.

Kepala Marketing MGPA Aji Aditra Perdana mengungkapkan progres dan gambaran besar kesiapan sirkuit jalan raya pertama di kalender WSBK dan MotoGP tersebut.

"Sampai saat ini persiapan kami dari MGPA, ITDC, dan The Mandalika sudah sampai 98% untuk menyambut event internasional pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit," kata Aji.

Setelah lintasan utama sirkuit sepanjang 4,3km dengan 17 tikungan itu rampung, pengembang saat ini mengerjakan fasilitas pendukung antara lain pengecatan kerb utama sirkuit, pembangunan Pit Building, finishing Race Control dan Observation Dec, pemasangan Grand Stand atau tribun penonton, serta pengisian fasilitas medis pada Medical Center.

Pengecatan kerb yang berfungsi sebagai marka, menggunakan alat dan cat khusus dari Jerman dan dilakukan oleh perusahaan spesialis Race Track yaitu Roadgrip asal Inggris lewat anak perusahaan mereka yaitu Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) yang menugaskan tenaga spesialis yang telah berpengalaman mengerjakan sejumlah sirkuit dunia seperti Austin, Zandvoort, Yas Marina dan sebagainya.

"Pengecatan kerb dan batas trek sudah kami selesaikan, sedangkan pit building sedang dalam tahap finishing," kata Aji.

Foto udara tikungan 17  lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (4/10/2021). Balap seri pemungkas musim kejuaraan dunia World Superbike yang jadwal semula akan digelar 12-14 November di Sirkuit Mandalika diundur sepekan menjadi tanggal 19-21 November 2021, Mandalika Grand Prix Association selaku penyelenggara dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan salah satu alasan diundurnya ajang balap WSBK di Mandalika dari tanggal aslinya karena adanya pertimbangan logistik dan pengiriman barang dan juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlangsung di Valencia. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Nantinya, area run-off, akan dihiasi dengan motif khusus yang akan menjadi ciri khas Sirkuit Pertamina Mandalika.

Di samping lintasan lurus utama, Pit Building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari tiga lantai.

Lantai dasar merupakan garasi yang digunakan para pebalap dan teknisi tim, sedangkan lantai dua merupakan tribun penonton VVIP dan media center, sedangkan lantai tiga Pit Building khusus untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Race Control, yang merupakan lokasi supervisi jalannya balapan, saat ini sedang dalam tahap finishing fasad dan instalasi race electronics.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti*

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.