Free

Mitsubishi Indonesia Siapkan Model Baru SUV Kompak

Setelah penjualan mengalami penurunan, Mitsubishi Motors Indonesia menyiapkan model baru berupa mobil utilitas sportif kecil (compact SUV) berbasis XFC Concept.

Fatkhul Maskur

27 Nov 2022 - 16.30
A-
A+
Mitsubishi Indonesia Siapkan Model Baru SUV Kompak

Bisnis, JAKARTA - Setelah penjualan mengalami penurunan, Mitsubishi Motors Indonesia menyiapkan model baru berupa mobil utilitas sportif kecil (compact SUV) berbasis XFC Concept. 

Mitsubishi Motors meluncurkan untuk pertama kalinya XFC Concept, mobil konsep berjenis SUV kecil di Ho Chi Minh City. Mobil ini juga telah dipamerkan di Vietnam Motor Show 2022, 26-30 Oktober. 

Mitsubishi XFC Concept adalah SUV kompak yang bukan bagian dari lineup Asean saat ini. Namun, mobil konsep ini akan melengkapi sederet produk Mitsubishi Motors yang disesuaikan dengan pasar Asean, pikap Triton, SUV medium Pajero Sport; SUV medium Outlander dan Outlander PHEV, MPV crossover Xpander dan Xpander Cross; dan hatchback kompak Mirage, dan sedan Attrage.

Dengan membawa tagline sebagai “teman yang paling cocok untuk kehidupan yang menyenangkan”, Mitsubishi XFC Concept merupakan SUV kompak masa depan yang menawarkan desain kuat dan mengesankan, utilitas jempolan, ruang kargo yang luas, kenyamanan interior, serta pengendalian yang terjamin di segala medan serta situasi.

Naoya Nakamura, President Director Mitsubishi Indonesia, mengatakan bahwa setelah world premier di Vietnam, Indonesia akan menjadi negara berikutnya yang akan menampilkan Mitsubishi XFC Concept pada 2023.

“Terkait dengan world premiere mobil konsep kompak SUV Mitsubishi Motors yang diperkenalkan di Vietnam, kami ingin berbagi informasi menyenangkan bahwa Indonesia akan menjadi negara berikutnya yang akan menampilkan mobil konsep ini di awal 2023," kata Naoya Nakamura, Jumat (25/11/2022). 

Indonesia dengan permintaan akan kendaraan utilitas sportif kecil alias compact SUV yang semakin berkembang diyakini akan menjadi basis pasar bagi model produksi massal Mitsubishi XFC yang kompetitif di masa depan. 

"Kami yakin mobil konsep ini akan memiliki daya tarik yang baik dan tentunya akan menjadi model produksi massal yang kompetitif di masa depan. Nantikanlah XFC Concept untuk kami pamerkan di pameran otomotif tahun depan,” ujarnya.


Tampak belakang Mitsubishi XFC Concept. 


DESAIN

Sejalan dengan filosofi desain Robust & Ingenious dari Mitsubishi Motors, Mitsubishi XFC Concept menggabungkan aura SUV yang kompak namun kuat. Diejawantahkan lewat permukaan ramping yang membentuk satu aliran berkesinambungan, mulai dari emblem tiga berlian di bagian depan dan memanjang dari ke samping dan belakang. Hal ini memberikan profil stylish dan sportif agar sesuai dengan pemandangan kota di kawasan Asean. 

Selain itu, mobil ini dirancang untuk memiliki handling mumpuni di jalan dengan permukaan kasar berkat ground clearance yang luas dan roda berdiameter besar. Mitsubishi XFC Concept juga mengekspresikan ketangguhan dan kelincahan sambil menampilkan gaya SUV sesungguhnya yang menonjol.

Di bagian depan, konsep Dynamic Shield mengekspresikan kinerja dan perlindungan khas Mitsubishi. Lampu depan berbentuk “L” di bagian atas sejajar dengan kap mesin membuatnya terlihat modern. Lampu depan berpadu dengan Daytime Running Light (DRL) yang membentuk menyerupai huruf “T” yang ikonik sehingga menguatkan kesan luas.

Sisi-sisi bodinya terdiri dari permukaan yang kaya “pahatan” dan membentuk otot, dengan flare fender depan dan belakang serta garis karakter yang mengekspresikan kekuatan dan dinamisme sebuah SUV. Seperti bagian depan, bagian belakang juga dilengkapi lampu ekor berbentuk “T” untuk menciptakan kesan lebar serta stabil.

Sementara itu bagian interior menawarkan kemudahan pengoperasian dan kenyamanan yang sangat penting untuk sebuah compact SUV. Panel instrumen mengadopsi desain bertema horizontal, sehingga memudahkan merasakan perubahan postur kendaraan saat berkendara di permukaan kasar sekaligus meningkatkan visibilitas ke depan.

Desain dinamis yang terbentang dari panel instrumen hingga door trim, serta rangkaian bantalan empuk, memberikan kesan tertutup dan perlindungan untuk menciptakan interior yang aman dan nyaman.


Kabin Mitsubishi XFC Compact. 


UTILITAS

Mitsubishi XFC Concept dirancang untuk kemudahan pengoperasian, memberikan visibilitas ke depan yang baik, persepsi yang mudah tentang dimensi kendaraan, dan pengendalian yang mulus.

Panel instrumen memiliki panel layar besar yang mengintegrasikan tampilan pengemudi digital penuh dan tampilan tengah yang dapat menunjukkan navigasi, kondisi permukaan jalan, dan informasi lain yang diperlukan. Membantu memvisualisasikan lingkungan berkendara yang aman dan nyaman, sekaligus mengekspresikan desain canggihnya.

Terlepas dari ukuran bodinya yang ringkas, Mitsubishi XFC Concept juga dirancang dengan utilitas jempolan dengan ruang kargo yang cukup luas. Kemampuan ini didapat berkat ruang interior terdepan di kelasnya. Mobil konsep ini memiliki kabin luas, dengan ruang kaki belakang leluasa serta bagasi besar.

Selain itu, semua penumpang dapat merasa aman dengan disematkannya kontrol stabilitas kendaraan yang berguna dalam kondisi jalan licin. Selain itu dengan ground clearance tinggi, compact SUV ini dirancang aman melalui medan apa saja, dengan empat mode berkendara ‘ Normal, Gravel, Mud, dan Wet.

Mitsubishi XFC Concept menawarkan rasa berkendara yang menyenangkan, aman, dan aman dalam berbagai cuaca dan kondisi jalan. Mode Wet untuk pertama kalinya diperkenalkan pada kendaraan Mitsubishi dan dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan di negara-negara Asean, seperti memungkinkan pengendaraan yang aman bahkan di jalan yang hujan tiba-tiba.


PERFORMA PENJUALAN

Mitsubishi Motor di pasar Indonesia pada Januari-Oktober 2022 mengalami penurunan penjualan wholesale sekitar 6,4% dibandingkan dengan periode yang sama 2022 menjadi 81.183 unit. Adapun penjualan ritelnya turun 0,6% menjadi 82.506 unit.

Mitsubishi Motors mencatatkan performa negatif justru terjadi di saat pasar otomotif nasional mengalami pertumbuhan cukup kuat.

Wholesale mobil baru pada periode Januari-Oktober 2022 bertumbuh 21,1% menjadi 851.413 unit. Adapun pasar ritelnya juga bertumbuh 21,4% menjadi 822.013 unit. Sementara itu produksi mobil juga meningkat 34,5% menjadi 1.201.046 unit.

Sepanjang tahun ini hingga Oktober, penjualan Mitsubishi Motors didominasi oleh Xpander 40.243 unit (49,6%), diikuti oleh Pajero Sport 17.608 unit (21,7%), L300 Pikap 16.082 unit (19,8%), Triton 7.238 unit (8,9%), Outlander PHEV 10 unit (0,0%), dan Eclipse Cross 2 unit (0,0%).

Hadirnya model baru di segmen SUV kecil diharapkan akan membuat penjualan Mitsubishi Motors di Indonesia menggeliat kembali. Terlebih, segmen pasar ini memiliki permintaan yang cukup kuat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.