Free

Mitsubishi Pasok 90 Unit Lift dan Eskalator Gedung Utama IKN

Sejumlah bangunan penting yang menggunakan produk Mitsubishi di IKN, yakni istana negara, kantor presiden, Bank Indonesia, sekretariat presiden, sekretariat negara, dan juga rusun ASN tahap 1.

Ibeth Nurbaiti

2 Mei 2024 - 19.14
A-
A+
Mitsubishi Pasok 90 Unit Lift dan Eskalator Gedung Utama IKN

Pengiriman lift dan eskalator PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator (MJEE) untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Bisnis/Ibeth Nurbaiti

Bisnis, KARAWANG BARAT — PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator (MJEE) memasok 90 unit lift dan eskalator untuk sejumlah gedung utama di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jika pada 26 Februari tahun ini principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55 unit lift dan eskalator bagi beberapa proyek penting di IKN, maka bulan ini jumlahnya telah bertambah menjadi 90 unit.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator [MJEE], terutama pabrik kami di KIIC Karawang, untuk turut berperan serta dalam pembangunan IKN,” kata Presiden Direktur MJEE Christian Satrya di kawasan Karawang International Industry City (KIIC), Kamis (2/5/2024).

Baca juga: Begini Kinerja Emiten Tol Jusuf Hamka (CMNP) Sepanjang 2023

Menurut Satrya, sejumlah bangunan penting yang menggunakan produk MJEE di IKN, yakni istana negara, kantor presiden, Bank Indonesia, sekretariat presiden, sekretariat negara, dan juga rusun ASN tahap 1. 

“Saat ini, sebagian besar proses fabrikasi unit-unit tersebut sudah selesai atau mencapai 70% dan pemasangan di proyek-proyek tersebut telah dimulai sejak Februari 2024,” ujar Satrya.

Dia menjelaskan bahwa produk lift dan eskalator MJEE mempunyai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) hingga 40dari keseluruhan sistem lift. 

Dengan didukung penuh oleh pihak MEBS dan Jaya Group, MJEE berkomitmen meningkatkan kandungan lokal produk-produk lift Mitsubishi di Indonesia dan mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) pemerintah.

Sebagai gambaran, pada 2021 MJEE telah mendapatkan sertifikasi TKDN untuk 4 tipe sistem lift dengan kandungan lokal sekitar 31,55%—41,22%. 

 

 

“Saat ini kami dalam proses verifikasi untuk menambah sertifikasi TKDN dengan perluasan cakupan produk dan sekaligus meningkatkan capaian TKDN sebesar 40% atau lebih bagi semua sistem lift tersebut. Diperkirakan sertifikasi ini akan selesai pada pertengahan tahun 2024,” tuturnya.

Adapun, sertifikasi TKDN yang dicapai oleh pabrik MJEE di Karawang ini dinilai dan diverifikasi dari keseluruhan sistem lift. Hal ini berbeda dengan sertifikasi TKDN yang dimiliki kebanyakan produk lift di pasar Indonesia yang memiliki sertifikasi TKDN 40% atau lebih, tetapi hanya diperhitungkan dari sangkar (box) liftnya saja. Artinya, porsi TKDN sangat kecil dari keseluruhan sistem lift.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Satrya menegaskan bahwa MJEE tidak hanya mengandalkan sertifikasi TKDN, tetapi juga selalu berupaya agar kualitas produk, ketepatan waktu, dan pelayanan purna jual yang terbaik sebagai andalan perusahaan. Hal tersebut guna mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tertinggi. 

Baca juga: Grup SMGR, Solusi Bangun (SMCB) Reklamasi 110,81 Hektare Lahan Pascatambang

Itu terbukti dengan besarnya kepercayaan pasar kepada produk MJEE yang telah banyak digunakan untuk gedung-gedung perkantoran, apartemen, hotel dan resort, pusat perbelanjaan, universitas, rumah sakit, fasilitas publik, kedutaan besar, serta kompleks perumahan.

"Hingga saat ini akumulasi penjualan unit kami telah mencapai sekitar 10.000 unit dan sekitar 8.000 unit dalam perawatan oleh tim-tim servis kami yang tersebar di seluruh Indonesia," ujarnya.

Untuk diketahui, Mitsubishi Elevator memulai operasinya di Indonesia sejak 1971, yang ketika itu melalui PT Jaya Teknik Indonesia sebagai agen penjualan. Pada 1996 pihak Mitsubishi Electric, Mitsubishi Corporation, dan Jaya Group kemudian sepakat mendirikan perusahaan patungan yang dinamakan PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator (MJEE).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.