Mobil Niaga Listrik Mitsubishi L100 EV Resmi Masuk Pasar

Mitsubishi Motors mengambil momentum pameran IIMS 2024, 15 Februari, untuk memulai penjualan L100 EV, mobil niaga ringan bertenaga listrik baterai (BEV) rakitan pabrik Indonesia. Seperti apa spesifikasi dan harganya?

Fatkhul Maskur

15 Feb 2024 - 21.56
A-
A+
Mobil Niaga Listrik Mitsubishi L100 EV Resmi Masuk Pasar

Mitsubishi L100 EV dipasarkan dengan satu varian yaitu Van Tertutup 2 Penumpang, dan satu pilihan warna White Solid. - Foto MMKSI

Bisnis, JAKARTA– Mitsubishi Motors mengambil momentum pameran IIMS 2024, 15 Februari, untuk memulai penjualan L100 EV, mobil niaga ringan bertenaga listrik baterai (BEV) rakitan pabrik Indonesia. Seperti apa spesifikasi dan harganya?

“Kami yakin, Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikasi dan range harga yang ditawarkan,” kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Oleh karena itu pula, Mitsubishi L100 EV dapat diserap dengan baik oleh pasar di Indonesia. Mitsubishi L100 EV membidik segmen konsumen yang membutuhkan kendaraan operasional untuk mendukung bisnisnya, terutama konsumen fleet.

Terlebih lagi, Mitsubishi L100 EV telah menjalani proof of concept (POC) yang melibatkan sejumlah partner sejak 2000. Hasil, L100 EV menawarkan keunggulan baik dari sisi produk maupun operasional.

Bahkan, PT Pos Indonesia telah mengutarakan intensi lebih lanjut untuk menggunakan L100 EV sebagai armada operasional logistik di hub Ibu Kota Nusantara (IKN).

Produksi Mitsubishi L100 EV telah dimulai pada Desember 2023 di fasilitas perakitan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sekaligus menandai produksi model Mitsubishi Minicab EV pertama kalinya di luar Jepang. 

Mitsubishi L100 EV merupakan kendaraan niaga ringan kelas kei-car berbasis baterai (BEV). L100 EV berukuran ringkas dengan kemudahan pengendaraan, termasuk turning radius kecil; electric power steering dan transmisi otomatis; performa andal di jalan; suspensi nyaman; serta terdapat air conditioner (AC) yang mendukung kenyamanan. 

Dari sisi operasional, Mitsubishi L100 EV memiliki biaya operasional efisien, dan license plate yang mendukung mobilitas dengan terbebas dari kawasan ganjil-genap (di wilayah Jakarta).

Mitsubishi L100 EV dilengkapi komponen listrik termasuk motor dan baterai penggerak. Jangkauan jelajah telah diperluas hingga 180 km (dalam mode WLTC2) per pengisian daya, yang merupakan peningkatan sekitar 20% dibandingkan model sebelumnya. 

Pengisian daya normal pada AC200V (15A) memerlukan 7,5 jam untuk mengisi penuh baterai. Selain itu, baterai dapat terisi hingga 80% dalam waktu 42 menit dengan pengisian cepat.

Motor listrik ini menghasilkan torsi maksimum 195 Nm secara instan, sehingga meskipun kendaraan memuat banyak muatan, motor ini tetap mempertahankan performa berkendara yang khas dari kendaraan listrik.

Baca Juga:

Mitsubishi, antara Jalur Mobil Cetus Api dan Terelektrifikasi

Mencari Jalur Masuk Pasar Truk Listrik

Menangkap Setrum Kuat di Segmen Mobil Niaga Listrik

GENERASI BARU

Dibandingkan model sebelumnya yang dijual di Jepang, kapasitas baterai penggeraknya ditingkatkan sebesar 26%. Motor dan inverter telah diintegrasikan ke dalam satu unit untuk meningkatkan efisiensi motor, sehingga menghasilkan daya jelajah 180 km (dalam mode WLTC) per pengisian daya, yang merupakan peningkatan 20% dibandingkan model tahun sebelumnya.

Mitsubishi L100 EV dilengkapi dengan teknologi keselamatan 2 airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, automatic braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), traction & active stability control, immobilizer, seatbelt warning, dan auto light control (ALC) yang dapat menghidupkan lampu ketika di jalan gelap. 

Dengan fitur keselamatan yang ditingkatkan, L100 EV memenuhi syarat untuk Safety Support Car S Wide yang dipromosikan oleh pemerintah Jepang.

Mitsubishi L100 EV ini telah dilengkapi dengan air conditioner (AC), seat heater di sisi pengemudi, power steering, suspensi nyaman dan radius putar yang kecil (4,3 meter) dapat membuat pengemudi dan penumpang menjadi nyaman.

Kinerja shock absorber depan dan belakang telah ditingkatkan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan mengurangi goyangan kabin, sehingga mengurangi guncangan pada kargo.

Konsumsi daya ditingkatkan dengan meningkatkan daya regeneratif saat berada di posisi B, yang mengaktifkan rem regeneratif.

Mitsubishi L100 EV terdiri dari satu varian yaitu Van Tertutup 2 Penumpang, dan satu pilihan warna yaitu White Solid.  L100 EV dipasarkan dengan harga Rp320.000.000 on the road Jakarta (harga khusus periode Februari–April 2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.