Mobil Tanpa Diskon PPnBM, Skema Subsidi Pun Jadi

Program insentif pemerintah berupa diskon PPnBM atas mobil tertentu dinilai signifikan merangsang pembelian mobil. Beberapa merek berkreasi menawarkan insentif serupa dengan subsidi. 

Thomas Mola
Sep 5, 2021 - 10:36 AM
A-
A+
Mobil Tanpa Diskon PPnBM, Skema Subsidi Pun Jadi

Cortez CT didukung dengan mesin 1.5L turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 140 HP dan torsi 250 NM. - Bisnis Indonesia

Bisnis, JAKARTA - Program insentif pemerintah berupa diskon PPnBM atas mobil tertentu dinilai signifikan merangsang pembelian mobil. Beberapa merek berkreasi menawarkan insentif serupa dengan subsidi. 

Wuling Motors (Wuling) melanjutkan relaksasi PPnBM dengan memberikan subsidi untuk produknya seperti seri Almaz RS, seri Almaz, seri Cortez CT, dan seri Confero. Hal yang sama sebelumnya dilakukan oleh DFSK. Wuling juga menawarkan promo biaya servis gratis selama 4 tahun atau 50.000 km yang berlaku hingga 30 September 2021.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Michael Budihardja mengatakan melihat animo masyarakat terhadap kebijakan subsidi PPnBM yang berlaku, Wuling mengambil langkah untuk melanjutkan program relaksasi PPnBM bagi ragam lini produk kami pada bulan ini.

Pogram ini untuk memberikan kesempatan bagi konsumen menikmati kemudahan yang sama seperti pada Agustus lalu.

"Selain itu, kami juga menghadirkan promo gratis servis bagi para pelanggan untuk menunjang layanan purna jual. Harapannya, keseluruhan program ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pemulihan perekonomian nasional khususnya di industri otomotif,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (3/9/2021).

Adapun, Almaz RS adalah flagship SUV Wuling yang dilengkapi inovasi WISE. Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) memadukan Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driving Assistant System (ADAS) dengan 12 fitur andalannya.

Wuling Almaz bertarung pada segmen medium SUV dengan mengandalkan mesin turbocharged 1.500cc dengan pilihan transmisi CVT dan manual khusus varian Smart Enjoy. SUV ini dibekali inovasi perintah suara canggih pertama yang menggunakan bahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND) yang memudahkan konsumen mengakses beragam fitur kendaraan.

Cortez CT didukung dengan mesin 1.5L turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 140 HP dan torsi 250 NM, dilengkapi transmisi CVT yang halus dengan pilihan transmisi manual untuk tipe C dan S untuk segmen medium MPV. Mobil ini memaksimalkan kenyamanan pengguna dengan kabin lapang, konfigurasi captain seat, serta fitur-fitur pendukung lainnya.

Selanjutnya, New Confero S ialah MPV Wuling yang menyajikan incredible space for new excitement bagi keluarga Indonesia. Lini produk ini dibekali tampilan eksterior depan yang atraktif dan berjiwa muda, serta kabin luas dengan opsi 7-seater captain seat atau 8-seater.

Terdapat pula berbagai perangkat penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara yang lengkap di New Confero S ini. New Confero merupakan MPV Wuling yang baru diperkenalkan dengan penyegaran tampilan dari bagian eksterior seperti grill depan bernuansa hitam dan lampu utama beraksen smoky.

MPV Wuling yang mengusung konsep ‘Leganya Bikin Bahagia’ ini mengutamakan kabin berkapasitas 8-seater yang lapang hingga baris ketiga serta bagasi luas. Fitur pendukung lainnya pada New Confero terdiri dari pendingin udara double blower, seatbelt reminder, serta electric power steering.

Sebagai informasi tambahan, dapatkan promo bunga 0 persen atau free insurance untuk pembelian seri Confero, Cortez, Almaz, dan Almaz RS melalui Wuling Finance. “Mari manfaatkan kesempatan menarik pada September ini untuk miliki kendaraan Wuling pilihan Anda.” 

Sementara itu, DFSK menyubsidi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 100 persen untuk pembelian model SUV Glory Series untuk periode Juli-Agustus 2021.

PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, mengatakan bahwa subsidi yang digulirkan perusahaan sama dengan insentif yang diberikan pemerintah sejak Maret 2021.

“Kami memberikan subsidi untuk model DFSK Glory i-Auto dan DFSK Glory 560 senilai hingga 100% sampai akhir Agustus, seperti insentif yang diberikan oleh pemerintah kepada industri otomotif nasional,” ujarnya, Minggu (18/7/2021).

Adapun, harga Glory 560 setelah mendapatkan diskon PPnBM dipasarkan dengan harga Rp202,5 juta on the road (OTR) Jakarta, sedangkan Glory i-AUTO dibanderol Rp335 juta.

Sementara itu, kendaraan komersial Super Cab dan Gelora turut mendapatkan promo. Super Cab dilego Rp135,9 juta OTR Jakarta, sedangkan DFSK Gelora dibanderol Rp169 juta.

Dalam promo tersebut, tersedia pilihan down payment (DP) Rp30 jutaan serta angsuran ringan mulai dari Rp2 jutaan, serta hadiah spesial uang elektronik dengan nilai jutaan rupiah.

“Subsidi PPnBM hingga 100% yang kami berikan ini sebagai bentuk inisiatif kami dalam membantu pemulihan perekonomian Indonesia untuk bangkit dari masa pandemi, dan konsumen bisa semakin terjangkau untuk memiliki kendaraan DFSK yang mereka inginkan,” pungka Rofiqi.

Insentif pemerintah berupa diskon PPnBM 100% sejak Maret-Agustus dinikmati oleh 23 mobil. Mulai September 2021, diskon itu diturunkan menjadi hanya 25%. 

 

Model Mobil yang Menikmati Diskon PPnBM 100%
- Toyota Yaris
- Toyota Vios 
- Toyota Sienta 
- Daihatsu Xenia 
- Toyota Avanza 
- Toyota Rush 
- Toyota Raize 
- Daihatsu Gran Max 
- Daihatsu Luxio 
- Daihatsu Terios 
- Daihatsu Rocky 
- Mitsubishi Xpander 
- Mitsubishi Xpander Cross 
- Nissan Livina 
- Honda Brio RS 
- Honda Mobilio 
- Honda BR-V 
- Honda CR-V 1.5 T 
- Honda HR-V 1.5 L 
- Honda City Hatchback 
- Suzuki Ertiga 
- Suzuki XL7 
- Wuling Confero

Kebijakan pemerintah berupa insentif diskon PPnBM dinilai terbukti merangsang pembelian. Tak hanya itu, insentif ini juga secara langsung maupun tak langsung telah mendorong sejumlah merek untuk berkreasi menawarkan insentif serupa dengan subsidi. 

 

 

Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar