Modal Asing Kabur Tak Bisa Ditahan, Ini Penyebabnya

Larinya modal asing tersebut disebabkan sejumlah faktor. Selain akibat ketidakpastian yang masih tinggi di pasar keuangan global, faktor lain pun mengiringi. Tekanan yang memicu keluarnya aliran modal asing dialami sejumlah negara emerging markets.

Saeno

26 Sep 2022 - 20.29
A-
A+
Modal Asing Kabur Tak Bisa Ditahan, Ini Penyebabnya

Ketidakpastian di pasar keuangan global mendorong terjadinya pelarian modal asing di negara berkembang, termasuk Indonesia./Ilustrasi-Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Negara berkembang termasuk Indonesia tidak bisa menahan terjadinya capital outflow. Larinya modal asing tersebut disebabkan sejumlah faktor. Selain akibat ketidakpastian yang masih tinggi di pasar keuangan global, faktor lain pun mengiringi. Tekanan yang memicu keluarnya aliran modal asing tersebut dialami sejumlah negara emerging markets. 

Kenaikan suku bunga The Fed menjadi faktor yang sebelumnya paling dikhawatirkan akan membuat modal asing keluar dari emerging market.

The Fed pada September 2022 kembali menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin. Langkah agresif The Fed tersebut merupakan respons atas inflasi AS yang masih tinggi di level 8,3 persen, turun tipis dibandingkan bulan sebelumnya. 

Menurut Menteri Keuangan  Sri Mulyani modal asing kabur dari Afrika Selatan, Brasil, bahkan China. Oleh karena itu, ketidakpastian di pasar keuangan global harus diwaspadai semua pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.