Free

Modal Jumbo Toyota Kembangkan Mobil Listrik

Pada tahun fiskal 2024/2025, Toyota berencana memperluas cakupan produk yang berorientasi mengikis karbon.

Kahfi

9 Mei 2024 - 20.06
A-
A+
Modal Jumbo Toyota Kembangkan Mobil Listrik

Mobil listrik Toyota mengisi daya. /Dok.Toyota

Bisnis, JAKARTA – Toyota Motor Corporation berencana mengucurkan 2 triliun yen, atau setara Rp206,,5 triliun miliar (kurs 1 yen = Rp103,2). Dana jumbo tersebut untuk mengembangkan mobil berbasis listrik.

Secara keseluruhan, kinerja keuangan dan operasional Toyota Motor sepanjang tahun fiskal 2024 yang berakhir pada Maret, mengalami pertumbuhan.

CFO TMC Yoichi Miyazaki mengatakan bahwa Toyota mengapresiasi seluruh pihak, mulai dari konsumen, pemasok, hingga jaringan dealer yang mempercayai raksasa otomotif asal Jepang tersebut.

Baca juga: Di Balik Peluncuran Edisi Terbatas Mitsubishi Pajero Sport, Xpander Cross

“Kami menghormati seluruh konsumen, pemasok, dealer Toyota di seluruh dunia. Kami berkomitmen terhadap produk dan layanan, untuk tumbuh bersama dengan sluruh stakeholder,” ungkapnya pada paparan publik tahunan Toyota di Tokyo, Jepang, pada Kamis (8/5/2024) yang disiarkan secara daring..

Masih dalam paparan Miyazaki, seluruh strategi bisnis Toyota yang mengacu pada manajemen produk berbasis regional, berhasil mencetak kinerja apik. Sepanjang tahun fiskal 2023/2024, Toyota mencetak pendapatan operasional sebesar 5,35 triliun yen.

Sementara pada tahun fiskal 2024/2025, Toyota berencana memperluas cakupan produk yang berorientasi mengikis karbon. Toyota telah menyiapkan dana jumbo sekitar 2 triliun yen, setara US$13 miliar, untuk mengejar target pendapatan operasional 4,3 triliun yen.

 

 

Total investasi itu bakal diperuntukkan untuk pengembangan sumber daya manusia yang mencakup rantai pasok hingga jaringan dealer. Total investasi tersebut mencapai 380 miliar yen.

Sementara dana jumbo digelontorkan untuk melakukan tranformasi mobilitas. Hal ini sepaket dengan kampanye multipathway Toyota yang mengembangkan mobil berbasis ragam teknologi, mulai dari BEV, HEV, PHEV, hingga hidrogen.

Investasi pengembangan itu plus dengan membangun fondasi software define vehicles (SDV), mencapai 1,7 triliun yen.

Baca juga: Toyota Gelontorkan Investasi Jumbo Rp206 Triliun, Kembangkan Mobil Listrik

Secara keseluruhan, kinerja operasional Toyota mengalami pertumbuhan pada periode lalu. Dari sisi penjualan, Toyota berhasil melego sekitar 9,44 juta unit mobil sepanjang tahun fiskal 2024, tumbuh 7% dibandingkan 8,82 juta unit pada periode sebelumnya.

Pasar utama Toyota selain Jepang secara berurutan adalah kawasan Amerika Utara, sebesar 2,8 juta unit, Asia sebanyak 1,8 juta unit, Eropa 1,19 juta unit. Selebihnya sekitar 1,63 juta unit meliputi Amerika Tengah dan Selatan, Oseania, Afrika, dan Timur-Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.