Modal Kuat Menggenjot Hilirisasi Mineral dari 187 ‘Smelter’

Pemerintah akan melanjutkan hilirisasi sehingga industri pengolahan/pemurnian serta kawasan industri berbasis mineral akan terus berkembang di Indonesia.

Afiffah Rahmah Nurdifa

17 Feb 2024 - 15.54
A-
A+
Modal Kuat Menggenjot Hilirisasi Mineral dari 187 ‘Smelter’

Smelter mineral milik PT Amman Mineral Internasional Tbk. /Dok. Perseroan

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) melaporkan capaian kinerja pada 2023. Salah satunya yakni pembangunan industri pengolahan mineral yang kini mencapai 187 smelter

Hal ini dipaparkan melalui unggahan akun resmi Instagram @kemenkomarves, dikutip Jumat (16/2/2024). Pembangunan smelter merupakan major project untuk menggenjot kebijakan hilirisasi. 

Adapun, pemerintah akan melanjutkan hilirisasi sehingga industri pengolahan/pemurnian serta kawasan industri berbasis mineral akan terus berkembang di Indonesia.

Baca juga: Titik Terang Divestasi Saham Vale (INCO)

"Melalui kebijakan hilirisasi telah tercapai pertumbuhan investasi yang signifikan di industri pengolahan mineral 187 smelter, khususnya di industri nikel sebanyak 111 smelter," tulis laporan Kemenkomarves. 

Tak hanya itu, pertumbuhan investasi di bidang hilirisasi memicu pertumbuhan kawasan industri berbasis mineral di luar Jawa. Kondisi ini diyakini dapat mendorong perkembangan perekonomian Indonesia baik lokal maupun nasional. 

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi di bidang hilirisasi sebesar Rp375,4 triliun sepanjang 2023. Hilirisasi menyumbang 26,5% dari total realisasi investasi 2023. 

 

 

Investasi terbesar tercatat pada sektor mineral sebesar Rp216,8 triliun, di antaranya untuk pembangunan smelter nikel sebesar Rp136,6 triliun, smelter bauksit Rp9,7 triliun, dan smelter tembaga Rp70,5 triliun.

Selanjutnya, investasi hilirisasi pada sektor pertanian terealisasi senilai Rp50,8 triliun, kehutanan Rp51,8 triliun, minyak dan gas Rp46,3 triliun, serta ekosistem kendaraan listrik senilai Rp9,7 triliun.

Baca juga: RI Punya 187 Smelter pada 2023, Genjot Hilirisasi Mineral

Sebagai informasi, tak hanya pembangunan smelter. Kemenkomarves juga telah menyelesaikan beberapa major project lainnya seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). 

Lalu, jalan Tol Trans Sumatra Aceh-Lampung hingga proyek strategis nasional pembangunan infrastruktur prioritas Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.