Modal Negara Dipangkas, Keseriusan Inalum Bangun Smelter Ditagih

Pemerintah mengambil kembali saham-saham PT Aneka Tambang Tbk. atau Antam (ANTM), PT Timah Tbk. (TINS), dan PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) yang dulunya ditambahkan ke Inalum dalam rangka akuisisi PT Freeport Indonesia (PTFI).

Ibeth Nurbaiti

12 Des 2022 - 00.00
A-
A+
Modal Negara Dipangkas, Keseriusan Inalum Bangun Smelter Ditagih

Salah satu kawasan pabrik peleburan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum. Pemisahan entitas Inalum dari Mining Industry Indonesia atau MIND ID diyakini bakal berdampak positif terhadap upaya penghiliran di dalam negeri. Bisnis-inalum.id

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah secara resmi akhirnya mengesahkan pemisahan operasional bisnis atau split-off PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum Operating dari BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID).

Keputusan split-off dua entitas bisnis itu tertuang dalam PP Nomor 45 Tahun 2022 tentang Pengurangan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia Pada Perusahaan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium yang disahkan Jokowi pada 8 Desember 2022 lalu.

Baca juga: Dilema Larangan Ekspor Bauksit dan Ketidaksiapan Smelter

Dengan adanya PP tersebut, pemerintah mengambil kembali saham-saham PT Aneka Tambang Tbk. atau Antam (ANTM), PT Timah Tbk. (TINS), dan PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) yang dulunya ditambahkan ke Inalum dalam rangka akuisisi PT Freeport Indonesia (PTFI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.