Model AI Terkecil Hemat Biaya dari Microsoft

AI milik Microsoft ini memiliki kinerja yang lebih baik daripada model-model yang dua kali lipat ukurannya dalam menguji kemampuan bahasa, pemrograman, dan matematika.

Rika Anggraeni

24 Apr 2024 - 14.05
A-
A+
Model AI Terkecil Hemat Biaya dari Microsoft

Ilustrasi kecerdasan buatan. /Doc.Microsoft

Bisnis, JAKARTA — Microsoft mengumumkan model kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam bahasa kecil yang hemat biaya yang mampu melakukan tugas-tugas.

Model AI yang diperkenalkan perusahaan teknologi komputer multinasional itu mampu menciptakan konten dan membuat postingan media sosial sambil menggunakan jumlah data yang lebih sedikit.

Dilansir dari bisnis.com yang mengutip Reuters, Selasa (23/4/2024), Microsoft memperkenalkan model AI yang disebut Phi-3 Mini. 

Baca juga: Siasat Perusahaan Melawan Serangan Malware Berbasis AI

Model ini diklaim dapat melampaui model-model dua kali ukurannya di berbagai benchmark yang mengevaluasi kemampuan bahasa, pemrograman, dan matematika.

Dengan kata lain, AI milik Microsoft ini memiliki kinerja yang lebih baik daripada model-model yang dua kali lipat ukurannya dalam menguji kemampuan tersebut.

Model AI yang lebih kecil dirancang untuk melakukan tugas-tugas sederhana, sehingga lebih mudah digunakan oleh perusahaan dengan sumber daya terbatas, kata Microsoft. 

Microsoft menjelaskan bahwa sebuah bisnis dapat menggunakan Phi-3 untuk merangkum poin-poin utama dari sebuah dokumen yang panjang, mengekstrak wawasan yang relevan dan tren industri dari laporan riset pasar.

Adapun, Phi-3-mini akan segera tersedia di platform layanan cloud Microsoft Azure, platform model pembelajaran mesin Hugging Face, dan Ollama.

Baca juga: Microsoft Rilis Phi-3 Mini, Model AI Terkecil Biaya Hemat

Sekadar informasi, pekan lalu, Microsoft menginvestasikan US$1,5 miliar di perusahaan AI G42 yang berbasis di UEA. 

Sebelumnya, mereka juga telah bermitra dengan startup Perancis, Mistral AI, untuk membuat model mereka tersedia melalui platform komputasi awan Azure.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.