Model Rakitan Lokal Bikin Penjualan Hyundai Meroket

Hyundai Motors menggandakan penjualan hampir sepuluh kali lipat sepanjang sepuluh bulan pertama tahun ini. Kehadiran model baru rakitan lokal Indonesia menjadi pemicunya.

Fatkhul Maskur

6 Des 2022 - 16.30
A-
A+
Model Rakitan Lokal Bikin Penjualan Hyundai Meroket

Hyundai Creta melawan penguasa pasar SUV Kompak 5 Kursi. - BISNISINDONESIA.ID

Bisnis, JAKARTA - Hyundai Motors menggandakan penjualan hampir sepuluh kali lipat sepanjang sepuluh bulan pertama tahun ini. Kehadiran model baru rakitan lokal Indonesia menjadi pemicunya.

Berdasarkan data Gaikindo, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meraih peningkatan penjualan ritel secara signifikan pada periode Januari-Oktober 2022 sebanyak 24.253 unit, melejit 991,6% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 2.223 unit.

Berkat penjualan yang melejit, Hyundai berhasil melompat ke peringkat 8 merek mobil terlaris di pasar Indonesia dengan pangsa penjualan 3,0%. Pada tahun lalu, Hyundai berada di peringkat 12 merek terlaris dengan pangsa penjualan hanya 0,3%. 

Sepanjang tahun ini hingga Oktober, penjualan Hyundai didominasi oleh Creta, yang mencatatkan angka retail sales hampir 14.000 unit. Model SUV ini diproduksi secara massal di pabrik Hyundai di Kota Delta Mas, Bekasi, mulai 17 Januari 2022. Hyundai Creta mulai didistribusikan ke konsumen pada awal Februari 2022.

Selain memberikan kontribusi terbesar terhadap total penjualan HMID, Hyundai Creta juga tercatat sebagai produk yang paling diminati selama periode Januari - September 2022 di wilayah DKI Jakarta, Bali, dan Maluku, dengan mendominasi market segmen sebesar 46,5% untuk wilayah DKI Jakarta dan Bali, serta 50,0% untuk wilayah Maluku.


Model terlaris Hyundai berikutnya adalah MPV terbaru Stargazer yang mengontribusi penjualan ritel hampir 6.000 unit. Hyundai Stargazer secara resmi diluncurkan secara perdana di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11 Agustus.

Hyundai Palisade menempati posisi ketiga model terlaris Hyundai dengan total retail sales lebih dari 1.600 unit. SUV besar Hyundai ini pertama kali dipasarkan di Indonesia pada akhir 2020. Model terbarunya resmi meluncur pada Kamis (28/7/2022).

Ioniq 5, mobil listrik Hyundai yang dirakit di pabrik Bekasi, menjadi model terlaris keempat Hyundai dengan angka penjualan lebih dari 1.400 unit sepanjang Januari-Oktober 2022. Hyundai Ioniq 5 diluncurkan di IIMS Hybrid 2022, 31 Maret.

“Kami sangat senang dan bangga dengan hasil pencatatan penjualan selama periode Januari - Oktober 2022 yang meningkat secara signifikan," ujar Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia.

Dia mengatakan bahwa capaian tersebut ditopang oleh kehadiran produk Hyundai buatan Indonesia, yang diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Indonesia. Tentunya, capaian ini akan terus memotivasi dan memperkuat komitmen Hyundai untuk terus menghadirkan produk dengan inovasi dan teknologi terbaik hingga layanan purnajual yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.


Selain itu, pencapaian penjualan juga didukung oleh perluasan jaringan dealer Hyundai sejak akhir 2021 hingga November 2022, dengan penambahan 21 dealer baru di seluruh Indonesia menjadi 121 dealer.

Dealer Hyundai mencakup di Jabodetabek dan Banten sebanyak 46 dealer, di Jawa dan Bali sebanyak 42 dealer, Sumatera sebanyak 17 dealer, Kalimantan sebanyak 5 dealer, Sulawesi sebanyak 9 dealer, serta di Maluku dan Papua masing-masing 1 dealer.

"Dealer-dealer tersebut siap memberikan pelayanan penjualan dan produk terbaik lengkap dengan layanan purnajualnya untuk konsumen Hyundai," katanya.

Selain Creta, Stargazer, Ioniq 5 dan Palisade, Hyundai juga mencatatkan penjualan atas model lainnya seperti Santa Fe (888 unit), Staria (234 unit), Genesis G80 EV (10 unit), dan Hyundai H-100 (1 unit).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.