Modernland Realty (MDLN) Berhasil Ubah Rugi Jadi Laba Tahun 2022

PT Modernland Realty Tbk (MDLN) membukukan marketing sales senilai Rp600 miliar pada kuartal III tahun 2022. Modernland tetap optimistis dengan kondisi sektor properti meskipun 2023 menjadi tahun yang penuh tantangan.

Yanita Petriella

4 Des 2022 - 11.22
A-
A+
Modernland Realty (MDLN) Berhasil Ubah Rugi Jadi Laba Tahun 2022

-

Bisnis, JAKARTA – PT Modernland Realty Tbk (MDLN) berhasil mampu mengubah kinerja dari rugi bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp460,19 miliar pada kuartal III tahun 2021 menjadi laba Rp234,51 miliar di periode yang sama tahun 2022.

Adapun selama sembilan bulan tahun ini, Modernland membukukan pendapatan sebesar Rp614,55 miliar. Angka ini mengalami peningkatan sebesar Rp36,36 miliar atau 6,29 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp578,19 miliar.

Direktur Keuangan Modernland Realty Herman Santosa mengatakan perolehan laba bersih dan pendapatan ini disebabkan adanya keuntungan atas penyelesaian sebagian utang obligasi luar negeri. Selain itu, perubahan atas tingkat suku bunga obligasi luar negeri pasca restrukturisasi. 

Di sisi lain, perseroan membukukan marketing sales senilai Rp600 miliar pada kuartal III tahun 2022. Perolehan marketing sales ini sebesar 60 persen dari target target penjualan non bulk-sales

Dari perolehan marketing sales senilai Rp600 miliar, segmen residensial membukukan Rp342 miliar, meningkat 17 persen (quarter to quarter/qtq). Kontribusi penjualan didominasi oleh Jakarta Garden City yang meluncurkan extension klaster Mahakam fase 2 di bulan Juni 2022 dan peluncuran new cluster The Essence @Yarra pada bulan September 2022. 

“Konsep dan desain baru dari produk-produk di Jakarta Garden City diharapkan dapat menjadi katalis positif dalam menerapkan strategi pemasaran guna menghadapi tantangan dan kondisi pasar yang ada,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (4/12/2022). 

Di samping itu pencapaian topping-off atas pembangunan Cleon Park Apartment North Tower pada bulan Agustus 2022 menunjukkan komitmen Perseroan dalam membangun hunian high rise pertama di Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur. Hingga kuartal III-2022, segmen industri membukukan Rp151 miliar, meningkat signifikan sebesar 95 persen (year on year/yoy).

“Terlepas dari ketidakpastian makro ekonomi dan situasi geopolitik, Perseroan berharap segmen industri dapat mempertahankan kinerjanya hingga akhir tahun 2022,” ucapnya. 

Untuk segmen perhotelan Modern Golf & Country Club, dan segmentasi lainnya memberikan kontribusi marketing sales sebesar Rp107 miliar hingga kuartal III tahun 2022. Angka ini mengalami peningkatan 23 persen dari kuartal sebelumnya. 

“Kami optimistis bahwa anak usaha Modern Golf & Country Club dapat tetap mempertahankan kinerja dan pelayanannya, begitu pula dengan kinerja dari hotel-hotel yang dikelola oleh perseroan,” kata Herman.

Baca Juga: Optimisme Pengembang Properti Menatap Cerah Tahun 2023

Direktur MDLN  David Iman Santosa menuturkan Modernland tetap optimistis dengan kondisi sektor properti meskipun 2023 menjadi tahun yang penuh tantangan. Terlebih, Bank Indonesia menaikkan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebanyak 4 kali dalam empat bulan berturut-turut pada semester II tahun ini. 

Selain itu, kebijakan insentif PPN DTP (Pajak Pertambahan Nilai yang Ditanggung Pemerintah) untuk properti yang telah berakhir pada September 2022 lalu. Di sisi lain, inflasi yang terjadi juga mempengaruhi daya beli masyarakat dan dapat mempengaruhi iklim investasi pada sektor properti. 

“Namun demikian, kami akan terus mengembangkan strategi dan memperkuat eksekusi untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada,” tuturnya. 

Salah satu strategi yang dilakukan yakni dengan menghadirkan produk properti yang terjangkau di segmen pasar middle-up melalui pengembangan new design dan konsep yang lebih mendekatkan produk dengan selera pasar yang berkembang saat ini dengan tetap mempertimbangkan kekuatan daya beli pasar.

Selain itu, Modernland memberikan skema pembayaran yang lebih fleksibel kepada konsumen dan juga mempercepat pembangunan yang memberikan dampak positif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

“Saat ini kami tengah fokus memasarkan klaster baru The Essence @Yarra yang berlokasi di Jakarta Garden City, new klaster Water Front dan ruko Modern Hub yang berlokasi di Kota Modern Tangerang, serta Modernland Cilejit yang mengusung konsep Transit Oriented Development (TOD),” ucapnya. 

Tahun 2023, Modernland akan terus meluncurkan produk terbaru baik rumah tapak di Jakarta Garden City site A dan C, maupun new shophouses yang tersebar diseluruh proyek perseroan. 

David berharap pertumbuhan ekonomi baik global maupun nasional dapat berjalan ke arah positif di tahun depan, mengingat iklim investasi baik yang berasal dari lokal maupun internasional sangat dipengaruhi kondisi ekonomi dan geopolitik yang tengah berkembang saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.