Mogok Kerja Massal Eropa, Rakyat Menuntut Kehidupan Lebih Baik

Perkumpulan guru, PNS, hingga pekerja turun ke jalanan di berbagai negara di Eropa untuk menuntut kebijakan upah yang lebih baik akibat biaya hidup yang mencekik. Pemerintah juga diminta tidak memaksakan reformasi pensiun yang merugikan pekerja.

Nindya Aldila

2 Apr 2023 - 19.53
A-
A+
Mogok Kerja Massal Eropa, Rakyat Menuntut Kehidupan Lebih Baik

Bisnis, JAKARTA – Gelombang mogok kerja massal terjadi di sejumlah negara maju di Eropa akibat inflasi yang belum benar-benar jinak dan kebijakan upah yang tidak sejalan dengan kenaikan harga telah memicu amarah para pekerja di Eropa. Mereka turun ke jalanan, memunculkan kekacauan, hingga mengganggu transportasi di kawasan itu.

Sejatinya inflasi Eropa sudah mencapai titik terlemahnya dalam setahun terakhir, meski inflasi inti masih panas. Harga di 20 negara kawasan euro naik 6,9 persen pada Maret dibandingkan dengan tahun lalu dan jauh lebih rendah dari Februari sebesar 8,5 persen.

Pelemahan inflasi didukung oleh harga energi yang rendah. Sementara itu, harga makanan, alkohol, dan tembakau naik 15 persen dari Februari. Biaya jasa juga naik 5 persen dari sebelumnya 4,8 persen, seperti dilaporkan CNN International pada Jumat (31/3/2023).

Inflasi di Eropa sudah memanas sejak pecahnya perang Rusia di Ukraina. Harga energi langsung meloncat jauh hingga membebani biaya hidup masyarakat. Sayangnya, hal itu tidak diikuti dengan kenaikan upah yang memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mogok Kerja Massal Eropa, Rakyat Menuntut Kehidupan Lebih Baik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.