Moladin Dapat Pendanaan Rp121 Miliar Usai Lakukan PHK

Startup mobil bekas Moladin meraih pendanaan Rp121 miliar usai melakukan PHK karyawan.

Jaffry Prabu Prakoso

21 Feb 2023 - 19.31
A-
A+
Moladin Dapat Pendanaan Rp121 Miliar Usai Lakukan PHK

Iklan Moladin situ situs. /moladin.com

Bisnis, JAKARTA – Moladin, startup jual-beli mobil bekas, mendapatkan pendanaan hampir US$8 juta atau senilai Rp121 miliar kendati usai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Dikutip dari bisnis.com yang melansir DealstreetAsia, Selasa (21/2/2023), startup yang berfokus pada jual-beli mobil bekas tersebut mendapat pendanaan hampir US$8 juta dari Ascend Capital yang berbasis di Singapura pada pekan lalu.

Moladin pun terakhir mendapatkan pendanaan seri B sebesar US$95 juta atau setara dengan Rp1,38 triliun yang dipimpin oleh perusahaan investasi internet DST Global.


Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dipamerkan di Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti


Sebelumnya, Moladin juga telah mendapatkan pendanaan US$42 juta atau sekitar Rp636 miliar yang dipimpin oleh Sequoia Capital India dan Northstar Group dalam salah satu putaran Seri A terbesar di Asia Tenggara pada awal 2022.

Sedangkan pada awal bulan ini, Moladin mengumumkan PHK terhadap 360 pekerja atau 11 persen dari total karyawannya. 

Chief of Government Relations and Public Affairs Moladin Hafif Assaf mengatakan bahwa pemangkasan ini untuk keberlangsungan Moladin dalam jangka panjang.

Baca juga: Negosiasi Serikat Pekerja Beres, Ericsson PHK 1.400 Karyawan

"Manajemen mengambil keputusan yang sulit untuk mengakhiri hubungan kerja 360 karyawan atau 11 persen dari total karyawan tetap kami," ujar Hafif, Kamis (9/2/2023).

Hafif menambahkan bahwa saat ini prioritas Moladin adalah karyawan yang terdampak. Perusahaan akan memastikan untuk memberikan kompensasi yang adil dan sepenuhnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

Moladin juga akan memberlakukan asuransi kesehatan bagi karyawan terdampak sampai akhir Mei 2023, serta memanfaatkan jaringan perusahaan untuk mempermudah akses mencari pekerjaan baru dalam rangka membantu karyawan terdampak dalam melewati masa ini.

Baca juga: Belum Cukup PHK 1.000 Karyawan, Yahoo Berencana Kurangi 20% Lagi

Hafif menambahkan bahwa sejak berfokus pada pasar mobil bekas pada tahun 2021, Moladin telah membuat kemajuan yang signifikan dan membangun pasar mobil bekas omnichannel terkemuka di Indonesia.

Selain itu juga memberdayakan agen dan dealer rumahan dengan menggunakan teknologi untuk menyederhanakan proses transaksi dan memungkinkan pengalaman pelanggan yang lebih baik. (Khadijah Shahnaz Fitra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.