Bisnis, JAKARTA— Momentum peningkatan daya beli masyarakat selama Ramadan dan Lebaran dapat menjadi angin segar untuk perusahaan pembiayaan (multifinance) pemain kredit digital dan bayar tunda (BNPL/paylater).
Bulan Ramadan identik dengan peningkatan aktivitas konsumsi. Seiring dengan itu, biasanya permintaan masyarakat terhadap kredit konsumsi pun akan turut meningkat. Ditambah lagi dengan adanya izin mudik tahun ini, gairah konsumsi dipastikan bakal melejit.
Sejumlah pemain pembiayaan sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menghadirkan produk maupun kampanye promosi terbaru untuk meraup berkah momentum Hari Raya tahun ini. Selain bakal meningkatkan permintaan kredit, hal ini juga diharapkan dapat mendorong aktivitas transaksi nasabah, sehingga dapat menebalkan pendapatan.Apalagi, hal tersebut didukung oleh kondisi perekonomian nasional yang lebih baik ketimbang periode pandemi.
Jika berkaca dari momentum Ramadan tahun lalu yang jatuh pada kisaran April-Mei 2021, outstanding pembiayaan multiguna objek non-otomotif terbukti meningkat pesat dalam sebulan.