Momentum Kebangkitan Dunia Usaha

Prospek ekonomi pada 2024 bakal lebih cerah seiring sejumlah indikator menunjukkan perbaikan kinerja ekonomi. Namun, tantangan dari sektor manufaktur masih ada seiring munculnya gelombang PHK di Indonesia.

Redaksi

18 Jan 2024 - 18.38
A-
A+
Momentum Kebangkitan Dunia Usaha

Ilustrasi aktivitas industri pengolahan./BISNIS

Bisnis, JAKARTA - Setelah sempat terseok pada tahun lalu, sejumlah komponen pendorong mesin ekonomi pada tahun ini diproyeksikan lebih ciamik, terutama untuk konsumsi dan investasi. Survei Kegiatan Dunia Usaha Bank Indonesia yang dirilis hari ini memaparkan adanya perbaikan aktivitas bisnis pada kuartal I/2024. 

Hal itu tecermin dari meningkatnya kegiatan dunia usaha pada kuartal I/2024, tumbuhnya investasi yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu, serta kenaiman aktivitas industri pengolahan yang tecermin dalam Prompt Manufactur Index Bank Indonesia. Secara lapangan usaha, industri pengolahan, pertanian, hingga ritel diproyeksikan lebih solid pada kuartal pertama tahun ini.

Membaiknya aktivitas usaha itu didorong oleh momemtum Ramadan yang secara historis memacu konsumsi rumah tangga sehingga pebisnis mendapatkan dorongan untuk melanjutkan ekspansi setelah sempat seret pada tahun lalu.

Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha tetap kuat pada triwulan IV 2023. Hal ini tecermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 13,17%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.