Momentum Naik Kelas Tambang Batu Bara Skala Kecil

Momentum kenaikan permintaan batu bara dari sejumlah negara yang merupakan pasar nontradisional itu tidak dapat dinikmati oleh perusahaan tambang skala menengah ke bawah yang selama ini relatif tidak memiliki akses ke pasar global.

Ibeth Nurbaiti

12 Jul 2022 - 12.12
A-
A+
Momentum Naik Kelas Tambang Batu Bara Skala Kecil

Batu bara Indonesia kini menjadi buruan banyak negara, meskipun desakan dan tekanan dunia untuk segera meninggalkan energi fosil itu masih mengumandang./Dok. Adaro

Bisnis, JAKARTA — Makin tingginya permintaan terhadap batu bara Indonesia membuka peluang ekspor baru yang lebih besar ke sejumlah negara di kawasan Eropa. Sejatinya, kondisi ini juga membawa berkah bagi seluruh produsen batu bara di Tanah Air.

Apalagi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga berencana menaikkan target produksi batu bara dalam rencana kerja dan anggaran belanja atau RKAB perusahaan yang memiliki izin usaha pertambangan pada pertengahan tahun ini. 

Langkah itu diambil seiring dengan meningkatnya permintaan komoditas batu bara dari sejumlah negara di Eropa dan India, di tengah keterbatasan pasokan sumber energi di negara tersebut.

Baca juga: Tatkala Kilau Batu Bara Indonesia Kian Memukau Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.