Momentum Para Raksasa Ritel Bangun dari Tidur Panjang

Sejak kuartal terakhir tahun lalu, optimisme akan kebangkitan bisnis hypermarket dan department store mulai berembus. Sejumlah rencana investasi di sektor ritel format besar mulai dirancang untuk 2022. Akan lancarkah jalan para peritel format besar untuk kembali berekspansi tahun ini?

Wike D. Herlinda

18 Mar 2022 - 17.30
A-
A+
Momentum Para Raksasa Ritel Bangun dari Tidur Panjang

Suasana di salah satu gerai Hypermart di Jakarta, Minggu (13/3/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA — Periode 2022 digadang-gadang menjadi momentum berdenyutnya lagi bisnis ritel modern format besar, seperti toserba atau department store dan hypermarket

Untuk diketahui, format besar menjadi lini bisnis ritel modern yang paling tertekan beberapa tahun terakhir, bahkan sebelum memasuki era wabah Covid-19. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan ritel format kecil—toko kelontong (minimarket)—yang justru terus menujukkan tajinya.

Bisnis ritel format besar pada tahun pertama pandemi atau pada 2020 bahkan sempat ‘mati suri’ dengan penurunan pertumbuhan tahunan sebesar -10,1 persen. Realisasi tersebut memperburuk kinerja tahun sebelumnya yang sudah berada di zona negatif, yaitu -5,8 persen.  

Memasuki 2021, penurunan kinerja ritel format besar makin menjadi dengan kemerosotan hingga -14,5 persen pada kuartal pertama tahun lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Momentum Para Raksasa Ritel Bangun dari Tidur Panjang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.