Momentum Tepat untuk Kembali Memburu Reksa Dana Saham

Pelemahan yang terjadi pada pasar saham saat ini memberikan ruang bagi potensi pertumbuhan yang lebih besar di masa mendatang, apalagi kondisi makro ekonomi domestik diperkirakan akan makin membaik pada sisa tahun ini.

Duwi Setiya Ariyanti, Iim Fathimah Timorria & Emanuel Berkah Caesario

13 Jul 2023 - 15.24
A-
A+
Momentum Tepat untuk Kembali Memburu Reksa Dana Saham

Bisnis, JAKARTA — Koreksi yang terjadi pada kinerja pasar saham sepanjang tahun berjalan 2023 turut berimbas pada turunnya return dan dana kelolaan reksa dana saham. Meskipun demikian, prospek instrumen ini pada paruh kedua tahun ini masih menarik. Pelemahan terkini justru menjadi momentum bagus untuk masuk.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga akhir paruh pertama 2023, total dana kelolaan atau asset under management (AUM) industri reksa dana nasional mencapai Rp511,5 triliun. 

Nilai itu turun 6,74 persen dibanding periode yang sama tahun lalu atau secara year-on-year (YoY). Namun, jika dibandingkan dengan posisi akhir tahun 2022 yang sebesar Rp508,2 triliun, total AUM per Juni 2023 masih tumbuh 0,65 persen year-to-date (YtD). 

Meskipun demikian, penopang pertumbuhan tersebut bukanlah dari reksa dana saham. Total AUM reksa dana saham per Juni 2023 tercatat Rp105,3 triliun, justru turun 5,53 persen YtD dan anjlok 15,80 persen YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Momentum Tepat untuk Kembali Memburu Reksa Dana Saham

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.