Moratorium Ekspor CPO Lagi, RI Siap Dapat Serangan Balasan?

Keptusan drastis Presiden Joko Widodo untuk melarang ekspor CPO bahan baku minyak goreng mulai 28 April 2022 berisiko membuat Indonesia diserang praktik retalisasi oleh para mitra dagang. Sudah siapkah RI menghadapinya?

Wike D. Herlinda

22 Apr 2022 - 21.00
A-
A+
Moratorium Ekspor CPO Lagi, RI Siap Dapat Serangan Balasan?

Pekerja memanen kelapa sawit di Desa Rangkasbitung Timur, Lebak, Banten, Selasa (22/9/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Bisnis, JAKARTA — Keputusan Presiden Joko Widodo untuk melarang ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) berisiko menjadi bumerang bagi industri di dalam negeri dan tidak akan efektif menyelesaikan akar masalah sengkarut stok dan harga minyak goreng. 

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira Adhinegara berpendapat keputusan drastis Kepala Negara tidak ubahnya mengulangi kesalahan pemerintah dalam melarang ekspor batu bara pada Januari 2022. 

Kondisi pasok batu bara ke industri tidak dapat dituntaskan hanya dengan pelarangan ekspor sehingga kebijakan tersebut akhirnya dicabut meski baru seumur jagung. Kondisi yang sama terjadi pada kasus minyak goreng. 

(BACA JUGA: Menanti Bulog 'Turun Gunung' Tangani Sengkarut Migor Subsidi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Moratorium Ekspor CPO Lagi, RI Siap Dapat Serangan Balasan?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.