Mudik Aman dengan Mobil Listrik, Toyota Hadirkan 111 Stasiun Pengisian Daya

Infrastruktur pengisian daya disiapkan seiring dengan mulai banyaknya pengguna Toyota yang mudik menggunakan kendaraan listrik.

Rizqi Rajendra

4 Apr 2024 - 18.07
A-
A+
Mudik Aman dengan Mobil Listrik, Toyota Hadirkan 111 Stasiun Pengisian Daya

Ultra fast charger (UFC) daya 150 kW di dealer Dunia Barusa, Aceh. /Dok Toyota

Bisnis, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan sebanyak 111 titik stasiun pengisian daya (charging station) untuk mendukung pengguna Toyota yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 menggunakan kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, infrastruktur pengisian daya disiapkan seiring dengan mulai banyaknya pengguna Toyota yang mudik menggunakan kendaraan listrik.

Secara terperinci, terdapat 107 charging station berlokasi di diler resmi Toyota, di antaranya merupakan ultra fast charger (UFC) dengan daya 120 kW di diler resmi Nasmoco Bantul, Yogyakarta dan Nasmoco Majapahit, Semarang serta UFC 150 kW di dealer Dunia Barusa, Aceh.

Baca juga: Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Servis Mudik Lebaran 2024

Toyota juga menyediakan tiga UFC 120 kW di area publik seperti di Mall Ashta SCBD, Mall Gandaria City Jakarta, dan Rest Area Tol Trans Jawa Km 695A Jombang, Jawa Timur yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna Toyota dan Lexus. Selain itu, Toyota juga berkolaborasi dengan PLN membangun SPKLU UFC 120 kW di rest area Salatiga KM 456A. 

"Kami menyiapkan 111 titik charging station agar dapat memberikan rasa tenang sepanjang jalan mudik Lebaran. Tak hanya bagi pelanggan mobil Toyota pada umumnya, namun juga kendaraan elektrifikasi jenis HEV, BEV, dan PHEV yang semakin populer dan diminati masyarakat," ujarnya di Posko Siaga Toyota Rest Area Km 57 Cikampek, Kamis (4/4/2024).

Beberapa line up mobil elektrifikasi Toyota di antaranya yakni, Toyota bZ4X BEV, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Toyota Alphard Hybrid, Toyota Vellfire Hybrid, Toyota RAV4 GR Sport Plug -in Hybrid, Toyota Yaris Cross Hybrid, Corolla Cross Hybrid. Toyota Corolla Altis Hybrid, dan Toyota Camry Hybrid.

 Peresmian Toyota Posko Siaga Mudik Lebaran 2024 di Rest Area Tol Cikampek Km 57 pada Kamis (4/4/2024). Bisnis/Rizqi Rajendra 

Anton mengatakan, produk elektrifikasi andalan Toyota yang cocok untuk melakukan perjalanan jauh selama periode mudik Lebaran 2024 yakni Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dengan kapasitas bahan bakar yang diklaim bisa menembus perjalanan Jakarta-Bali.

"Kami juga sudah siapkan, yaitu Innova Zenix Hybrid yang sudah terkenal, satu tangki penuh bisa dari Jakarta sampai Bali. Ada juga Yaris Cross Hybrid yang konsumsi BBM-nya 1 banding 31 Km, dan juga kami punya PHEV dan juga BEV seperti bZ4X," jelasnya.

Selain stasiun pengisian daya mobil listrik, Toyota juga mengoperasikan sebanyak 297 bengkel dan 13 posko siaga mudik untuk menunjang mobilitas masyarakat yang melakukan mudik pada Idulfitri 2024.

Baca juga: Mudik Asyik Pertamina Lepas 4.000 Pemudik ke 17 Kota

Adapun, sebanyak 297 bengkel Toyota yang beroperasi pada Hari Raya Idulfitri 2024 dan cuti bersama nasional antara pukul 08.00–16.00 WIB pada 5–15 April 2024. Bengkel tersebut nantinya yang akan membantu pengguna Toyota jika mengalami kendala selama perjalanan, terutama yang mudik menggunakan mobil listrik.

Sementara itu, sebanyak 13 titik posko siaga mudik Toyota beroperasi selama 24 jam dengan lokasi di antaranya yaitu Cikampek, Jawa Barat; Serang, Banten, Probolinggo, Jawa Tengah; Kabupaten Kampar, Riau; hingga Tebing Tinggi, Sumatra Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.